Cara Membuat Tabel di WordPress menggunakan TablePress

umpnuac – WordPress memang tidak menyediakan fitur untuk bisa menampilkan tabel di setiap postingannya. Namun bila anda ingin menampilkan postingan yang juga menampilkan tabel di dalamnya, maka ada cara khusus untuk membuatnya, yakni dengan cara menggunakan plugin TablePress.

Dengan menggunakan plugin ini, maka akan membuat anda menjadi lebih mudah pada saat menampilkan data di sebuah tabel. Bahkan, anda pun bisa melakukannya tanpa menggunakan bahasa pemrograman sedikit pun. Pada saat ini, plugin TablePress sudah diinstal lebih dari 500 ribu user dimana sedikitnya sudah lebih dari tiga ribu user yang telah memberikan bintang lima pada plugin yang satu ini.

membuat tabel wordpress

Fitur – fitur yang ditawarkan oleh TablePress diantaranya menawarkan lebih dari satu format file import. Tidak saja bisa membuat tabel, anda pun juga bisa melakukan import data dengan mudah dari format file JSON, HTML, CSV serta excel.

Export tabel. Apabila anda sudah bisa membuat tabel, maka juga bisa dengan mudah untuk melakukan export file tersebut ke dalam format file JSON, CSV serta excel. Ekstensi untuk bisa menambahkan fitur. Anda juga bisa menambahkan fitur ekstensi yang telah tersedia apabila ingin melakukan sebuah modifikasi pada tabel yang ingin anda posting.

Cara membuat tabelnya sendiri juga tidaklah rumah. Pertama – tama anda harus menginstal terlebih dahulu pluggin TablePress dan mengaktifkannya di daskboard WordPress. Kemudian pilih menu TablePress – Add New Table yang terdapat pada bagian kiri dashboard WordPress. Selanjutnya, masukkan data nama tabel, deskripsi, jumlah kolom dan baris. Klik timpan dengan menekan pilihan Add Table.

Setelah tampilan tabel sudah muncul, anda pun bisa segera memasukan data pada tabel dengan cara mengisinya pada bagian Table Content. Pada bagian kanan atas, terdapat shortcode dimana nantinya bisa anda masukkan di postingan agar menampilkan data dari tabel yang sudah anda buat.

Artikel Lainnya : Layanan Blogging Ponsel Untuk Mentransfer Blog Ke Server Web

Tetap di halaman yang sama, anda pun bisa melakukan modifikasi atau pun mengatur ulang tampilan tabel yang ingin anda posting. Anda bisa menambahkan link, gambar, menambahkan baris, kolom atau pun melakukan hal yang lainnya. Pastinya pilihannya sudah ada pada menu yang tersedia.

Apabila pengaturan yang anda inginkan sudah selesai, selanjutnya anda bisa menyimpannya dengan cara mengklik tombol Save Changes. Anda pun bisa mengklik tombol Preview untuk bisa melihat tampilan tabel yang ingin anda posting.

Selanjutnya, untuk bisa memasukkan tabel tersebut pada postingan WordPress anda, ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama dengan cara meletakkan shortcode yang dihasilkan saat membuat tabel tadi. Cara yang kedua yakni dengan membuat tabel pada WordPress editor selanjutny klik menu Insert Table from TablePress.

Bagaimana, cukup mudah bukan? Semoga tips ini bermanfaat untuk anda.

Sharing is caring!