Cara mudah Membuat Blog untuk Pemula

umpnuac.com – Siapa yang tidak kenal blogspot? WordPress? Kedua raksasa penyedia platform bagi blogger tersebut tentunya sangat dikenal orang hingga kini. Apalagi bagi mereka yang suka menulis dan mengunggahnya untuk dibaca banyak orang, tentunya blogspot dan wordpress ibarat dua pahlawan yang menyediakan jasa gratis untuk memfasilitasinya.

Meski sekarang zamannya sudah berpindah ke Vlog, namun jangan salah… banyak lho blogger-blogger yang masih eksis hingga kini. Bahkan, ada yang beranggapan menulis lebih mengasyikkan dibanding membuat video. Nah, bagi kamu yang tertarik membuat tulisan dan ingin mempostingnya di website namun belum mempunyai wadah apapun, yuk… langsung saja simak ulasan berikut ini mengenai cara mudah membuat blog bagi pemula. Check this out!

1.      Buat Akun Google Lebih Dulu

Jika kamu belum mempunyai akun google, silahkan membuatnya lebih dulu. Jika sudah, kamu bisa langsung login dengan mengisikan alamat email dan password di dalam kotak yang tersedia. Setelah bisa masuk, kamu tinggal mengisikan data dan informasi yang sesuai lalu kamu bisa klik tombol Next dan konfirmasi sesuai yang diperintahkan hingga prosedurnya selesai.

2.      Masuk ke Blogger

Selanjutnya, kamu bisa lanjut ke blogger.com dan login memakai akun yang sudah kamu miliki tadi. Disana, temukan menu Blog Baru. Silahkan di klik dan ikuti tahapannya, mulai dari isi judul sesuai konsep blog yang kamu mau, alamat blog untuk url yang akan dikunjungi, sampai template untuk tampilan blogmu.

Nah, bagaimana? Sangat mudah sekali, bukan? Siapa bilang buat blog sulit? Bahkan, jika kamu ingin melihat tulisan-tulisan atau menu lainnya di blog, kamu tinggal mengakses dashboard yang sudah tersedia berbagai macam pilihan menu.

Tapi, tidak berhenti disitu saja. Membuat blog sama halnya dengan membuat sebuah papan tulis pribadi. Jadi, kamu silahkan mengunggah apapun karya tulisanmu sendiri, bisa satu atau dua patah kata, bisa pula berpuluh-puluh lembar. Yang pasti, sambutlah pengunjung blog barumu dengan tulisan kreatif, menyegarkan, dan informatif. Belum tahu cara membuat tulisan di blog? Tenang aja… kamu bisa mengikuti langkah berikut ini guys!

Baca juga : Perhatikan Beberapa Kesalahan Blogger Pemula

Mulailah dengan mengeklik tombol “Entri baru” dan silahkan langsung isikan halaman tersebut dengan konten yang kamu sukai. Selain bermanfaat untuk pengunjung, kamu juga bisa memanfaatkan blogmu untuk meraih keuntungan melalui google adsense. Nah, untuk itu, buatlah artikel yang menarik, misalnya ada gambarnya, isu-isu terkini, atau juga pengalaman pribadi dan lain sebagainya.

Takut salah? Tidak pandai menulis? Tenang… seiring waktu, kamu akan terbiasa. Tentunya kamu pernah dengan istilah “Practices makes perfect” bukan? Jadi, silahkan saja lakukan hal sesuka hati dengan blog mu selama itu tidak merugikan orang lain ya guys. Semoga bermanfaat!

Sharing is caring!