Cermat Menabung ala Blogger

umpnuac.com – Menabung seringkali dianggap sebagai metode paling konvensional yang bisa membantu seseorang menyimpan dana cadangan untuk dipakai sewaktu-waktu.

Meski dianggap konvensional, toh kita semua sudah diajarkan menabung sejak kecil. Jadi bisa dibilang, menabung merupakan metode penyimpanan uang paling populer dan paling sesuai untuk kita semua.

Tips Menabung ala Blogger

Blogger adalah profesi unik. Dia mencari penghasilan lewat internet dan seringkali hasilnya lumayan besar. Dengan penghasilan yang lumayan besar, seorang blogger bisa menyisihkan uang bulanan yang lumayan besar.

Sebetulnya tidak ada perbedaan antara cara menabung orang biasa dengan blogger. Sebab prinsip menabung dimana saja selalu sama: menyisihkan beberapa bagian dari penghasilan untuk masa depan.

Dari prinsip dasar itu kita bisa membuat perencanaan menabung yang lebih cermat. Caranya seperti berikut ini:

1.    Meminimalisir Pengeluaran yang Tidak Penting

Berapa penghasilan Anda dalam sebulan? Seberapa banyak pengeluaran yang Anda habiskan sebulan? Tanyakan dua pertanyaan ini berulang-ulang.

Setelah itu Anda bisa menghitung ulang biaya-biaya tidak penting dalam sebulan, yang bisa Anda tekan sedemikian rupa.

  • Biaya ngopi. Ini perlu Anda tekan. Anda tentu tidak wajib ngopi setiap hari di sebuah kafe kan? Anda bisa menyimpan uangnya dan memilih ngopi di kantor atau di rumah, misalnya.

kurangi pengeluaran yang kurang penting

  • Beli baju baru. Kalau setiap bulan Anda selalu menghabiskan uang membeli baju baru, ada baiknya kebiasaan ini ditekan. Rasanya sudah cukup bila Anda berbelanja baju baru setiap setahun sekali.
  • Biaya nongkrong dan makan diluar. Membawa bekal dari rumah, tidak nongkrong di tempat yang mahal, adalah salah satu cara meminimalisir pengeluaran yang tidak penting.
  • Berlangganan streaming. Langganan Netflix, Spotify, dan kawan-kawannya bukanlah kebutuhan utama. Karena itu bisa dipangkas demi keuangan yang lebih sehat di masa depan.

Ada lagi yang mau menambahkan cara menekan pengeluaran paling efektif untuk dilakukan di masa sekarang?

2.    Jangan Buang Uang Untuk Makan di Restoran

Berapa kali Anda makan di restoran mewah dalam kurun waktu sebulan? Berapa banyak uang yang Anda habiskan untuk makan di restoran? Di Indonesia, rata-rata konsumsi rumah tangga untuk restoran dan hotel ada di angka 5,69%.

Artinya, kebanyakan orang di Indonesia mengeluarkan lebih banyak uang untuk makan di restoran. Kalau Anda termasuk orang yang sedang makan di restoran ketimbang masak di rumah, sebaiknya Anda mulai mengurangi kebiasaan itu.

Anda bisa mengurangi kegiatan makan di restoran, dan menyimpan uangnya untuk kebutuhan masa depan.

Baca Juga : Membuat Blog Untuk Bisnis : Manfaat dan Fungsinya

3.    Jual Barang yang Tidak Terlalu Dibutuhkan

Kedengarannya aneh. Namun ini perlu dilakukan. Anda bisa menjual benda-benda di sekitar Anda, terutama yang tidak berguna sama sekali dan hanya jadi tumpukan sampah. Mungkin di rumah ada sebuah kursi jati yang tak terpakai, atau meja-meja tua yang tidak lagi digunakan.

jual barang yang tidak perlu

Jual itu semua! Setelahnya Anda bisa menggunakan dana hasil penjualan untuk disimpan dan digunakan di kemudian hari. Cara seperti ini juga membantu Anda menata rumah dengan cara membuang benda-benda yang tidak dibutuhkan lagi.

4.    Hemat Tagihan Telepon Bulanan

Yang dimaksud dengan tagihan telepon bulanan adalah jumlah uang yang Anda habiskan dalam sebulan untuk membayar paket data smartphone Anda. Andaikan Anda menghabiskan Rp300,000 dalam sebulan untuk paket internet lengkap.

Nah, demi penghematan dan demi misi menyisihkan uang untuk tabungan, Anda bisa mencari informasi paket data yang lebih murah ke provider telekomunikasi yang Anda gunakan. Dengan begitu Anda bisa menyisihkan dana yang tersisa untuk disimpan.

5.    Jangan Pernah Mencicil Barang Elektronik atau Keperluan Rumah Tangga Lain

Zaman sekarang adalah zaman yang mudah. Anda bahkan bisa mengambil kredit kepemilikan  dan barang-barang kebutuhan rumah lainnya, seperti kasur misalnya.

tidak mencicil barang elektronik dan lainnya

Apakah itu menguntungkan? Tidak juga. Mengambil kredit untuk benda-benda seperti itu malah berpotensi menambah beban keuangan Anda. Karena itu jangan sekali-kali berani mengambil kredit untuk kepemilikan barang-barang elektronik, apalagi kredit kasur.

Lebih baik Anda menabung dan menahan diri selama beberapa bulan ketimbang membayar uang muka untuk mendapatkan kredit handphone.

6.    Simpan Uang Secara Otomatis

Anda tentu hafal dengan fasilitas auto-debet yang disediakan oleh bank tempat Anda menerima transfer gaji. Nah, manfaatkanlah fitur tersebut.

Anda bisa meminta petugas bank untuk melakukan transfer secara otomatis dalam nominal tertentu, ke sejumlah akun tabungan setiap bulan. Anda bebas menentukan berapa jumlah dana yang di-auto debet setiap bulan. Dengan cara ini Anda tak perlu repot melakukan transfer manual. Sangat mudah.

7.    Sisihkan 10% Dari Penghasilanmu Untuk Tabungan

Ini tips terakhir. Anda bisa menyisihkan 10% dari total penghasilan untuk tabungan. Katakanlah gaji Anda dalam sebulan mencapai Rp6-juta, maka jumlah yang bisa Anda sisihkan sebanyak Rp600,000.

Anda diperbolehkan menyimpan lebih banyak, selama tidak mengganggu keseluruhan rencana keuangan Anda. Misalnya dari gaji sebesar 6 juta itu, Anda bisa menyimpan 30% darinya, atau sebesar Rp1,8-juta.

Demikianlah 7 tips menabung yang bisa kami bagikan di sini. Ingat. Bijak menyimpan uang, sejahtera di masa depan.

 

Sharing is caring!