Inilah Beberapa Bidang Pekerjaan dalam Perusahaan Digital Marketing

umpnuac – Kini, ada banyak cabang bisnis baru yang dapat digeluti oleh setiap orang. Salah satunya bisnis startup yang memberikan banyak income termasuk digital marketing. Berbeda dengan teknik marketing pada umumnya, tipe bisnis digital marketing mengandalkan internet dan teknologi informasi sehingga dilakukan dalam basis online. Dengan demikian, ada banyak profesi baru yang bermunculan dan tentunya dibutuhkan dalam perusahaan digital marketing. Nah, berikut ini adalah bidang pekerjaan dalam perusahaan digital marketing yang dapat Anda geluti.

pekerjaan dalam digital marketing

Product Marketing Manager

Product marketing manager memiliki tanggung jawab untuk menentukan target pasar yang akan diincar sebagai marketing produk baru. Sebagai produk marketing manager maka Anda harus bisa menganalisis apa saja yang sedang trend dalam masyarakat saat ini. Sehingga metode marketing dapat dilakukan secara up to date dan mampu memenuhi segala kebutuhan konsumennya. Yang terpenting, Anda harus paham mengenai teknologi dan teknik berkomunikasi yang baik. Sebab, digital marketing ini memadukan antara kedua hal tersebut.

SEO Specialist

Seorang SEO spealist memiliki tanggung jawab untuk memastikan situs yang dipegangnya berada pada urutan teratas mesin pencari. SEO atau Search Engine Optimization merupakan hasil pencarian oleh mesin pencari. Bidang pekerjaan ini sangat menyenangkan dan penuh tantangan. Tentunya, bagi Anda yang hendak menjadi SEO specialist, harus paham dulu terkait teknik SEO, baik on page maupun off page, dan teknik lainnya secara gratis. Dengan demikian, per harinya, selalu ada saja pengunjung yang mampir pada situs Anda.

Artikel Lainnya : Pernah Bertemu Masalah Ini Saat Menjadi Blogger ? Selamat, Kamu Naik Level !

Content writer

Nah, apakah yang dapat menarik pengunjung supaya datang ke website Anda? Salah satunya dengan menyajikan tulisan informasi yang menarik. Untuk itu, dalam perusahaan digital marketing, dibutuhkan seorang content writing yang handal. Seorang content writer bertugas untuk membuat tulisan yang baik pada website, blog, email, dan press release yang menarik dan tentunya informatif. Perlu Anda tahu, seorang content writer yang handal juga perlu mengetahui sedikit ilmu mengenai SEO. Sebab, dengan mengkombinasi SEO dalam tulisan, akan meningkatkan peluang website Anda berada pada urutan mesin pencari teratas.

Social Media Manager

Sesuai dengan namanya, digital marketing, maka Anda harus memiliki laman bagi pelanggan supaya dapat saling keep in touch. Salah satunya dengan menyediakan laman social media baik Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain. Pastikan, harus ada interaksi antara pelanggan dengan social media manager untuk menciptakan hubungan yang baik. Tak hanya itu, sajikan berbagai informasi yang menarik dari content writer supaya dapat terus dipantau oleh pelanggan.

Selain keempat bidang pekerjaan di atas, masih ada lagi email marketing manager, digital communication specialist, SEM specialist, dan UI/UX designer. Nah, adakah diantara bidang pekerjaan tersebut yang sesuai dengan minat Anda!

Sharing is caring!