Membuat Blog untuk Bisnis: Manfaat dan Fungsinya

umpnuac.com – Sebelum Youtube terkenal dengan para vlogger dan Twitter serta Instagram terkenal karena barisan influencer, ada blogger yang lebih dulu meramaikan jagat lalu lintas konten di internet.

Konten yang disajikan dalam bentuk blog memang dikenal sebagai bentuk paling tua dan paling populer. Walaupun sekarang eranya para vlogger dan influencer, blog tidak pernah mati.

Manfaat Blog Untuk Bisnis Kecil & Menengah

Banyak perusahaan yang masih menggunakan blog untuk kepentingan content marketing. Terlebih lagi, masih banyak penulis yang memanfaatkan blog sebagai sarana untuk mengekspresikan ide dan pemikiran.

Lalu kira-kira apa lagi manfaat blog untuk bisnis yang perlu kita ketahui?

Sarana Termurah Untuk Pemasaran Produk

Kalau kamu berniat membangun perusahaan baru, dan ingin bergerak secara online. Jangan lupa buat blog perusahaan.

Fungsi blog perusahaan pertama-tama adalah untuk membantu perusahaan memproduksi konten yang terkait dengan bisnis yang sedang dijalankan.

manfaat blog untuk pemasaran produk ukm

Katakanlah kamu membangun sebuah perusahaan yang memproduksi kosmetik untuk perempuan. Suatu hari kamu memutuskan membangun situs untuk berjualan produk.

Nah, di saat bersamaan kamu bisa membangun blog yang berisi konten dan informasi seputar dunia kecantikan (misalnya: tips menjadi cantik setiap saat, jenis-jenis kosmetik kekinian, danĀ  lain sebagainya).

Lebih jauh lagi, blog perusahaan bisa jadi alat dukung marketing untuk setiap produk yang kamu jual. Sederhananya, blog jadi alat yang efektif untuk melakukan content marketing.

Kelebihan lainnya: kamu bisa menggunakan blog supaya kata kunci bisnis yang kamu jalankan selalu nangkring di halaman pertama mesin pencari.

Baca Juga : Tepat Cermat Memilih Hosting Biar Website Jadi Mantap

Investasi Blog Lebih Murah

Mengembangkan blog perusahaan rasanya jauh lebih murah ketimbang beriklan, kendati keduanya bisa dikombinasikan untuk memperoleh hasil terbaik.

Menurut Content Marketing Institute, membangun blog jauh lebih murah ketimbang memanfaatkan kanal marketing konvensional lainnya. Alasannya karena blog lebih efektif, mudah dimulai dan populer di mata konsumen.

Hanya saja output pemasaran yang diharapkan dari blog bisa berjalan cukup lama. Rata-rata mulai dari 6 bulan sampai 1 tahun.

Sarana Untuk Meningkatkan Rangking Bisnis di Mesin Pencari

Kebanyakan mesin pencari besar sangat menyukai konten yang segar, relevan. Dan kegiatan blogging disebut-sebut sesuai dengan mau mesin pencari.

Makanya kemudian ada kesempatan dimana pebisnis bisa memasukkan kata kunci yang relevan dengan bisnisnya, ke dalam bodi konten blog. Kata kunci itulah yang kemungkinan besar dipakai konsumen untuk mencari produk yang mereka inginkan.

Mendorong Traffic ke Situs Bisnis

Dengan memanfaatkan blog, kamu bisa membangun kesempatan bagi bisnis yang sedang berusaha kamu bangun. Singkat kata, kamu bisa menciptakan konten bisnis yang relevan untuk calon pelanggan.

mendorong traffic ke situs bisnis

Gunakan blogging sebagai taktik untuk mendorong traffic ke situs bisnis. Sederhananya, kamu bisa memakai blog sebagai fondasi dasar untuk mengembangkan konten.

Taruhlah bisnis kamu sudah punya profil di sejumlah media sosial seperti Facebook, Twitter, Pinterest, dan LinkedIn. Memposting konten blog di media sosial tersebut, dengan pembahasan yang relevan dengan bisnis yang sedang dijalankan, tentu bakal mendorong pengguna untuk terikat dengan bisnis perusahaan.

Pembaca akan mencari tahu lebih banyak hal tentang bisnis yang kontennya sedang mereka baca. Dan selanjutnya pembaca mungkin akan membeli produk maupun jasa yang dipromosikan lewat postingan blog itu.

Manfaat Blog Untuk Individu

Setelah menjabarkan manfaat blogging untuk perusahaan, saatnya membahas manfaat blogging untuk individu.

Di masa lalu kita sering mendengar blogger yang jadi kaya atau bisa mandiri tanpa harus jadi karyawan, karena pekerjaannya setiap hari menulis konten di blog pribadi. Dan itu bukan cuma mitos. Kita semua punya kesempatan untuk menjadi sukses karena blogging.

Tetapi sebelum sampai kesana, penting bagi seorang individu untuk mengenal manfaat dan fungsi blogging yang bisa hadir dalam berbagai bentuk.

Sarana Untuk Berhubungan Dengan Brand

Blogger terkenal, apalagi bila traffic blognya tergolong besar, berkesempatan untuk membangun koneksi dengan brand yang terkenal pula.

sponsored content

Ya, seorang blogger bisa membuka layanan penulisan advertorial untuk kepentingan marketing sebuah brand, misalnya. Dan ini jadi satu opsi monetisasi yang umumnya dilakukan oleh para blogger dari dulu sampai sekarang.

Sarana Aktualisasi Pemikiran

Seorang blogger biasanya menulis karena hobi, atau karena ingin menyebarkan pemikiran dan idenya ke khalayak yang lebih luas. Apapun alasannya, pemikiran yang unik biasanya disebarkan pertama kali dalam bentuk tulisan.

Itulah kenapa orang yang cakap menulis biasanya sanggup menyampaikan opini dan pendapat yang lebih baik ke audiens-nya. Kalau tidak terbiasa membuat vlog atau konten dalam bentuk lain seperti podcast, misalnya, kamu bisa mulai dari membuat konten dalam bentuk blog.

Sarana Untuk Mengembangkan Konten

Kamu sudah punya blog, dan kamu ingin mengembangkan kontennya supaya menarik lebih banyak pengunjung. Caranya mudah. Kenapa kamu tidak mengembangkan tema yang tertulis di blog, dan mengubahnya jadi bentuk konten lain seperti video, infografis, dan lain sebagainya.

Dengan begitu konten di blog akan lebih kaya dan kamu bisa menghibur sekaligus memberikan informasi ke jenis audiens yang berbeda.

Sharing is caring!