Mulailah Langkah Berikut untuk Amankan Situs Blog Anda

umpnuac – Ada banyak hal yang dapat dilakukan pengguna untuk mengamankan situs web terhadap kerentanan dan memperkuat sistem mereka dari serangan.

Berikut yang perlu Anda perhatikan:

Menggunakan kata sandi yang kuat

Pertama, jika situs web Anda ditenagai oleh CMS populer seperti WordPress, Anda ingin memastikan bahwa Anda mengamankannya dengan kata sandi yang sangat kuat. Peretas dan siapa pun yang menggunakan situs web WordPress sendiri sangat terbiasa dengan cara mengakses antarmuka administrasi dan mulai mencoba masuk.

Bahkan jika Anda tidak menggunakan WordPress, tidak perlu banyak upaya untuk memindai situs web untuk antarmuka login / admin jadi pastikan bahwa jika seseorang TIDAK menemukan antarmuka ini, mereka tidak memiliki peluang untuk masuk dan mengambil alih situs web Anda.

Memiliki firewall di tempat adalah cara penting lainnya untuk mengamankan situs web

Menyiapkan firewall tidak hanya akan lebih mengamankan situs web / CMS Anda, tetapi juga akan membantu Anda mengawasi aktivitas mencurigakan dan melacaknya dengan memberikan alamat IP terkait untuk sumber aktivitas tersebut.

Setelah Anda mendeteksi dan menemukan aktivitas mencurigakan, Anda dapat memasukkan daftar hitam IP firewall yang disediakan.

Baca Juga : Langkah Memulai Blog Kuliner Anda Sendiri

Karena itu, jika Anda bukan tipe orang yang harus melakukan hal-hal ini secara manual, maka itu adalah ide yang baik untuk menempatkan layanan keamanan untuk melakukannya untuk Anda. Sebagian besar penawaran di luar sana relatif masuk akal harga dan akan menghemat banyak sakit kepala.

Selalu Backup CMS Anda

Ini adalah salah satu aspek paling penting dari CMS dan keamanan situs web dan sebenarnya hanya kebiasaan baik secara keseluruhan untuk dimiliki.

Memiliki sistem cadangan yang memungkinkan pemulihan situs web Anda jika terjadi sesuatu. Selalu pastikan cadangan Anda diperbarui sebanyak mungkin untuk menghindari kerentanan keamanan atau masalah lebih lanjut.

Lindungi dari injeksi SQL

SQL-injection adalah serangan dunia maya yang menyematkan kode jahat di dalam CMS dan basis data backendnya. Setelah ada di sana, kode berbahaya itu kemudian membuat hasil kueri basis data dan / atau tindakan yang Anda tidak ingin dieksekusi.

Ada beberapa jenis suntikan SQL dan memungkinkan penjahat cyber untuk melakukan berbagai hal. Ini termasuk:

 

  • Mengedit, menghapus, membaca, atau menambahkan konten CMS Anda
  • Mengakses dan membaca kode sumber dari file di server CMS
  • Tulis file ke server

 

Meskipun benar bahwa salah satu dari hal-hal itu sangat bergantung pada kemampuan penjahat dunia maya, injeksi SQL apa pun masih dapat menyebabkan Anda kehilangan kendali atas database dan server web Anda.

Dapatkan Sertifikat SSL

Sertifikat SSL (lapisan soket aman) adalah teknologi keamanan standar yang digunakan untuk menghasilkan tautan terenkripsi yang berjalan antara server web dan browser. Tautan inilah yang akan memastikan bahwa data yang berada di antara server dan browser akan tetap pribadi dan aman.

Menambahkan sertifikat SSL ke domain Anda tidak hanya akan menambah lapisan keamanan tambahan ke CMS Anda, tetapi juga akan membantu dengan SEO karena cenderung membuat peringkat situs web Anda lebih tinggi di mesin pencari.

Terakhir

Keamanan situs web adalah salah satu dari hal-hal yang benar-benar dapat dianggap sebagai jenis situasi “Catch-22”.

Semakin banyak penjahat dunia maya yang berusaha mendapatkan akses ke CMS orang, semakin banyak peneliti keamanan yang menindakinya dan datang dengan metode perlindungan baru. Semakin besar keamanannya, semakin sulit penjahat cyber akan bekerja untuk mendapatkan akses – dan mereka menyukai tantangan.

Ini benar-benar pertempuran berkelanjutan yang tampaknya tanpa akhir.

Tapi, di mana itu meninggalkan Anda dan CMS Anda?

Sulit untuk mengatakan dengan pasti di mana CMS Anda berada di dalam perairan yang dipenuhi penjahat cyber, tetapi ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan CMS Anda seaman mungkin. Kelima metode keamanan ini akan membantu mengurangi ancaman terhadap CMS Anda dan membantu menjaga data Anda dari bahaya.

Sharing is caring!