Tepat Cermat Memilih Hosting Biar Website jadi Mantap

umpnuac.com – Hosting website yang handal tentu jadi buruan banyak orang, apalagi dia jadi item penting bagi orang yang berencana membangun situs keren.

Cara Menemukan Hosting yang Mantap

Emang bagaimana sih caranya supaya kita bisa menemukan hosting handal? Formulanya mudah. Web Hosting yang handal biasanya sanggup memberikan tiga hal: kecepatan, dukungan, dan keamanan.

Nah, makanya orang yang mencari web hosting wajib memperhatikan hal-hal berikut ini sebelum membuat keputusan.

Waspada Terhadap Penawaran Berbau “Unlimited”

Ada banyak penyedia layanan web hosting yang menawarkan hal-hal yang sekilas pandang menarik, seperti penyimpanan dan bandwidth unlimited.

panduan memilih hosting

Dan kamu hanya perlu membayarnya dengan sangat murah. Hanya saja tawaran itu mungkin perlu dipertimbangkan lagi.

Sebab unlimited bukannya tak terbatas, namun bisa jadi penyedia layanan hosting akan mematikan hosting yang sudah kamu beli ketika website sudah mencapai jumlah pemakaian tertentu.

Baca Juga : Aplikasi Buat Logo Terbaik untuk Android

Bayangkan Kebutuhan Kamu

Seorang blogger yang berkeinginan memajang portfolio daring tidak membutuhkan dedicated hosting yang biasanya khusus menangani website dengan jumlah traffic yang besar.

Sebaliknya, seseorang yang berniat membangun situs media online atau e-commerce sebaiknya bersiap membangun sesuatu yang besar. Dan karenanya diperlukan hosting dengan sumber daya yang besar pula.

Tapi kalau sedang dalam tahap pengembangan (misalnya sedang merintis situs ecommerce), sebaiknya jangan terburu-buru membeli layanan dedicated hosting.

Alasannya karena….

Shared Hosting Pilihan Terbaik

Kalau ada beberapa situs dan konsumen menumpang server yang sama, maka mereka disebut kumpulan yang sedang berbagi server hosting. Dan biasanya orang yang baru coba-coba mengembangkan situs selalu memakai opsi ini.

memilih shared hosting

Yah, karena sifatnya berbagi, jelas kekuatannya tidak seberapa ketimbang dedicated hosting. Ketika website kamu semakin berkembang dan lalu lintas semakin naik, saat itulah kamu perlu meninggalkan share hosting. Dan beralih, misalnya, ke VPS hosting.

Jadi kamu dipastikan bakal memakai shared hosting, apalagi bila kamu seorang pemula. Namun yang benar-benar perlu kamu perhatikan di sini adalah harga shared hosting, dukungan yang didapatkan, penyimpanan, serta performa.

Biasanya yang membuat sebuah layanan shared hosting menonjol adalah tawaran tambahan yang meliputi gratis domain, kredit iklan, website builder, dan perangkat keras yang bisa ditingkatkan kualitasnya.

Kalau ada layanan hosting yang menawarkan hal-hal diatas, boleh lah kamu coba.

Apakah Kamu Butuh Dukungan Total?

Yang dimaksud dengan dukungan total adalah apa yang dibutuhkan dari penyedia web hosting? Jelas kamu butuh layanan pelanggan yang siap sedia 24 jam menerima keluhan. Jelas kamu membutuhkan layanan pelanggan yang menerima komplain dan pertanyaan dalam bentuk tiket.

Dan mungkin kamu membutuhkan dukungan layanan dalam bentuk telepon. Singkat cerita, kalau ada layanan web hosting yang bisa memberikan dukungan yang kamu butuhkan, pertimbangkanlah.

Kalau kamu ingin pihak web hosting yang total mengelola situs, mulai dari perawatan sampai keamanan, pertimbangkan untuk menyewa hosting dengan managed service.

Seberapa Banyak Traffic yang Kamu Inginkan?

Layanan hosting mengenakan biaya berdasarkan penggunaan bandwidth dan kapasitas penyimpanan. Bandwidth mengacu pada seberapa banyak orang yang mengakses website. Sedangkan kapasitas penyimpanan merujuk pada seberapa besar kapasitas disk yang disediakan hosting.

Tentu bagus kalau konten website kamu tiba-tiba meledak dan kontenmu jadi viral. Dalam kondisi itu kamu bakal memerlukan kenaikan bandwidth. Walau begitu, pada dasarnya yang kamu butuhkan adalah prediksi tentang seberapa banyak traffic yang diinginkan.

Kalau kamu membangun situs tidak dengan ambisi besar, shared server yang disediakan shared hosting sudah lebih dari cukup. Namun kalau dalam perjalanannya kamu menghabiskan banyak sumber daya modal dan traffic web malah meningkat, artinya kamu memerlukan dedicated hosting server yang lebih mumpuni.

Dimana Kamu Ingin Membangun Platform?

WordPress jadi platform web paling populer. Artinya ada banyak layanan web hosting yang menyediakan layanan WordPress hosting (sebutlah seperti Siteground dan BlueHost, misalnya).

wordpress hosting

WordPress tampaknya masih pantas jadi pilihan utama karena fleksibilitasnya dan content system management-nya yang memang memudahkan penggunanya untuk mengelola konten dengan cara yang lebih efisien.

Namun kalau membutuhkan platform manajemen konten yang lebih fleksibel, mudah di-tweak, dan kamu memang punya tim untuk melakukan itu, WordPress bisa kamu abaikan.

Baca Review Web Hosting Terlebih Dulu

Sebelum mengambil keputusan, carilah ulasan tentang layanan web hosting yang asalnya dari sumber terpercaya.

Ulasan seperti itu pasti anda, dan kamu akan terbantu sekali dengannya. Anggaplah ulasan web hosting service sebagai semacam panduan untuk menemukan layanan web hosting mantap-mantap.

Kesimpulan

Kenali dulu apa mau kamu, sebelum mengambil keputusan terkait pembelian maupun penyewaan layanan hosting.

Dengan begitu kamu bisa menghindar dari kesalahan pembelian karena terburu-buru memutuskan tanpa berpikir panjang.

Jadi pada dasarnya, konsekuensi pembelian hosting bakal membawa kamu ke dua hal:

  • Kamu berhasil membangun situs karena dukungan layanan hosting yang prima.
  • Kamu tidak berhasil membangun situs karena kamu salah beli hosting.

Akan berada dimana kamu pada akhirnya?

 

 

 

 

Sharing is caring!