Agar Blog Semakin Besar, Ini Cara Optimasinya  

Search Engine Optimization atau SEO yang bisa kamu artikan menjadi usaha untuk mengoptimasi website, untuk bisa tampil di peringkat teratas menurut hasil pencarian. Ini merupakan sebuah strategi dari digital marketing. Ada dua jenis SEO, yakni SEO Off Page dan SEO On Page. 

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai SEO On Page. Khususnya cara mengoptimasinya. Tidak perlu berlama-lama, mari simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Lakukan Cara Ini untuk Optimasi Blog 

Ada banyak cara yang harus kamu lakukan dalam mengoptimasi blog. Oleh karena itu, kamu harus menyimak ulasan berikut ini dengan baik. 

1. Topik konten berkaitan 

Untuk membuat struktur website yang benar, kamu wajib memiliki topik konten yang saling berkaitan, untuk bisa memaksimalkan SEO On Page. Yang berarti, setelah kamu menentukan sejumlah topik utama, maka kamu dapat langsung membuat sebagian konten mengenai topik tersebut. 

Selanjutnya, semakin banyak membuat tulisan tentang subjek pembahasan tertentu, maka peluang artikel kamu muncul di halaman pertama pencarian mengenai topik tersebut semakin besar. 

2. Buat judul SEO friendly 

Untuk para penulis pemula, hal tersebut pastinya terbilang sangat baru. Judul dengan SEO friendly perlu kamu buat dengan sangat menarik dan usahakan bisa langsung menjawab pertanyaan dari para pembaca. Ibaratnya, mereka secara sengaja dan sadar mencari informasi. 

3. Struktur URL singkat 

Struktur URL yang baik bisa memudahkan mesin pencari guna mengenali subjek utama yang digunakan pada websitemu. URL yang simple hanya perlu memiliki judul artikel dan nama domain. Mengubah permalink pada website mu menjadi hal yang sangat penting agar terbilang ramah SEO dan memudahkan para pembaca untuk memahaminya. 

4. Keamanan domain 

Demi mengatasi permasalahan penyalahgunaan terhadap informasi pribadi, sekarang google sudah mengarahkan pencarian pada website dengan standar keamanan domain yang bagus. Nah, keamanan domain yang bagus dapat dilihat pada kepemilikan HTTPS yaitu pengembangan dari HTTP. 

5. Struktur konten 

Hal selanjutnya yang harus dilakukan yaitu kamu wajib membuat konten yang beraturan agar pembaca tidak kebingungan untuk mencerna informasi dari artikel yang kamu tulis. Caranya yaitu dengan menggunakan heading dan subheading guna menampilkan poin-poin penting yang ada di artikel mu. 

Lalu, kamu harus tahu jika hanya sebagian pengunjung website yang akan membaca seluruh tulisan dalam artikelmu. Oleh sebab itu, kamu perlu membuat judul dan subjudul. Cara tersebut tepat digunakan untuk fast reader. Umumnya ukuran font subheading jauh lebih kecil dibandingkan heading.

1. Optimasi gambar 

Langkah pertama, kamu harus bisa memilih gambar yang tepat dengan deskripsi gambar dan menggunakan gambar yang bisa dipercaya. Kedua, apabila ukuran gambar tersebut sangat besar, kamu dapat resize. Langkah berikutnya, kamu bisa mengubat alt-text

Cara tersebut akan membantu Google guna mengenal topik yang kamu buat. Dengan mengganti alt-text ini berarti kamu menambahkan focus keyword. Lalu, jangan lupa perhatikan juga format gambar yang akan digunakan. 

2. Manfaatkan meta description dan meta title

Meta description merupakan deskripsi singkat dari kontenmu. Misalnya, ketika kamu ingin mencari sebuah informasi lewat mesin pencari web, tentu akan terlihat judul atau meta title yang mendeskripsikan halaman web milik mu dan ulasan singkat mengenai kontenmu. 

Oleh karena itu, kamu perlu memastikan hal yang satu ini. Apakah kamu pernah melihat meta description yang tidak lengkap atau terpotong? Hal ini sangat wajar, sebab jika batas deskripsinya berlebihan, secara otomatis akan terpotong. Sehingga, kamu harus membuatnya dengan sangat singkat tetapi tidak menghilangkan inti nya. 

3. Pakailah internal link 

Internal link adalah link yang ada di halaman lain yang kamu letakkan di halaman yang baru, namun keduanya ada pada satu website yang sama. Contohnya, kamu membuat artikel tentang cara bersyukur yang benar, lalu kamu menyertakan link pada artikel yang pembahasannya masih berkaitan, yaitu mengenai akibat salah bersyukur. 

4. Perhatikan penggunaan keyword 

Sebelum kamu menulis konten, maka kamu harus meriset kata kunci atau keyword yang sedang hits pada saat itu. Berangkat dari hal tersebut, kamu baru bisa membuat artikel yang sesuai dengan keyword.

Bukan hanya itu saja, kamu pun perlu secara merata pendistribusiannya seperti pada judul, sub judul, gambar, opening sampai ending. Penyebaran keyword di bagian tertentu tersebut bisa memudahkan pembaca dalam menemukan artikel sebab posisinya ada di daftar teratas di mesin pencari. 

5. Manfaatkan tags 

Tags bisa sangat berpengaruh pada peringkat SEO website mu jika digunakan dengan benar. Untuk jumlahnya sangat tidak disarankan terlalu banyak. Lalu, fungsi dari tags yaitu memberikan opsi topik lainnya ke para pengunjung. 

Di atas tersebut beberapa cara jitu untuk mengoptimasi SEO On Page yang dapat kamu lakukan. Untuk berusaha membuat artikel SEO friendly tidak dapat langsung berhasil dengan sekali coba. Tentunya kamu perlu terus belajar dan mengimplementasikannya. 

 

Sharing is caring!