Apa Bedanya HRD dan Personalia?

Perusahaan yang dibangun secara profesional pasti akan memiliki struktur organisasi yang tertata rapi, hal ini akan menjadikan status perusahaan tersebut aktif dan memiliki pengaruh yang signifikan untuk terus mengembangkan dan meningkatkan bisnis perusahaan tersebut.

Dalam struktur organisasi dalam perusahaan memiliki bagian-bagian penting untuk menunjang kinerja perusahaan dalam menjalankan bisnisnya, bagian-bagian ini memiliki tugas dan tanggung jawab sendiri-sendiri dan setiap bulan harus membuat laporan untuk pimpinan perusahaan. Apa saja manfaat yang didapat ketika perusahaan memiliki struktur organisasi yang jelas?

  1. Membantu dalam mencapai target yang diberikan pimpinan perusahaan
  2. Membantu dalam membuat pembagian pekerjaan kepada karyawan
  3. Membantu untuk memberikan tanggung jawab kepada karyawan 
  4. Membantu ketika perusahaan ketika ada konflik internal dan memecahkan permasalahan bersama-sama
  5. Membuat kerja sama tim yang lebih kuat di divisi-divisi perusahaan.
  6. Saling membantu meningkatkan etos kerja supaya memiliki jenjang karir yang baik

Susunan Struktur Organisasi Perusahaan Profesional

Pada perusahaan yang baik dan profesional pastinya memiliki struktur jabatan yang jelas, sehingga dapat mengidentifikasi perintah-perintah dengan jabatan yang harus dipertanggungjawabkan oleh semua karyawan. berikut urutan struktur organisasi dalam perusahaan,

  1. Jajaran Direksi utama
  2. Direktur yang berisi direktur keuangan, direktur personalia, direktur keuangan, wakil direktur
  3. Manager
  4. Manager Personalia
  5. Manager Pemasaran
  6. Manager Keuangan
  7. Manager Finance
  8. Manager Administrasi
  9. Manager Human Resource and Departemen (HRD)

Itulah susunan yang pastinya harus ada disetiap perusahaan profesional, manager juga memiliki divisi-divisi tersendiri yang bertanggung jawab dengan pekerjaannya masing-masing. lalu dalam jangka waktu tertentu akan memberikan laporan penting tentang kinerjanya kepada pimpinan divisi atau atasan.

Selain susunan organisasi dalam perusahaan, ada bagian atau divisi paling penting yang harus dimiliki perusahaan yaitu HRD dan Personalia, kedua jabatan dalam perusahaan ini dinilai sangat penting dan juga sangat riskan jika salah memilih akan membuat perkembangan perusahaan menjadi tidak maksimal, karena jika tanggung jawab HRD adalah dalam memilih atau menyeleksi karyawan yang akan masuk ke dalam divisi suatu perusahaan, lalu tanggung jawab personalia adalah untuk mengelola sumber daya manusia yang didalam perusahaan disebut karyawan supaya secara administratif sesuai dengan permintaan pimpinan perusahaan, untuk detailnya perbedaan HRD dan Personalia akan diuraikan dibawah ini,

Perbedaan HRD dan Personalia

Ketika suatu perusahaan ingin mencari calon karyawan biasanya kedua divisi ini akan bekerja sama dalam menyeleksi calon karyawannya supaya mendapatkan karyawan terbaik, pada dasarnya HRD dan personalia memiliki tanggung jawab yang berbeda akan tetapi untuk orang awam sering disebut tugas kedua divisinya berbeda, lalu apa saja perbedaan dari kedua divisi tersebut? simak penjelasannya dibawah ini,

  • Human resource Departement (HRD)

HRD dalam pengertiannya adalah divisi yang mengatur sumber daya manusia dalam perusahaan dan bertanggung jawab atas perilaku karyawan yang sudah masuk ke dalam tim setiap divisi yang membutuhkannya. HRD juga bertanggung jawab untuk menentukan masa kerja karyawan dan menilai kinerja karyawan selama bekerja layak untuk dipertahankan atau tidaknya di perusahaan tersebut.

Manfaat Adanya HRD dalam Perusahaan

  • Terbentuknya SDM berkualitas dan memiliki loyalitas tinggi dalam perusahaan
  • Membentuk dan menanamkan visi misi perusahaan kepada karyawan
  • Melakukan rekrutmen karyawan baru yang berkualitas
  • Mengelola kerjasama tim dalam perusahaan supaya dapat mengembangkan dan meningkatkan bisnis perusahaan.
  • Menjaga kesejahteraan karyawan dari segi finansial dari etos kerja positif

  • Personalia

Personalia dalam perusahaan memiliki pengertian hampir mirip dengan HRD akan tetapi memiliki perbedaan lebih detail dalam mencapai tujuan perusahaan. Personalia lebih mencakup banyak struktur didalam perusahaan dari DIrektur, kepala manajemen dan sampai karyawan.

Personalia menjadi bagian yang paling penting dalam perusahaan karena dapat mengatur manajemen dari atas sampai divisi paling bawah di dalam perusahaan dan memiliki keputusan yang tidak bisa diganggu gugat, secara visi dan misi yang menentukan adalah personalia ini, pemegang data karyawan yang kinerjanya baik juga akan diseleksi oleh personalia supaya dapat menjadi karyawan tetap atau bisa naik jabatan.

Manfaat Manajemen Personalia dalam Perusahaan

  • Membuat Anggaran yang memiliki hubungan dengan kinerja semua karyawan dalam perusahaan.
  • Membuat perencanaan untuk sumber daya manusia dalam perusahaan seperti job desc, job analysis dan juga job spesifikasinya.
  • Menentukan kelayakan manajemen yang akan dikembangkan dan dipertanggungjawabkan kepada pimpinan perusahaan.
  • Mengatur semua kegiatan yang mengandung pengembangan kinerja karyawan
  • Menilai masa kerja karyawan dan memberikan prosedur pemberhentian karyawan
  • Bertanggung jawab dalam kesejahteraan karyawan
  • Bertanggung jawab atas administrasi karyawan yang berhubungan dengan peraturan negara.
  • Menentukan naik atau tidaknya jabatan karyawan sesuai rekomendasi Direktur utama

Nah,itulah perbedaan antara HRD dan personalia dan fungsi tanggung jawabnya masing-masing kepada pimpinan perusahaan, lalu kedua divisi tersebut sangat penting dalam mengembangkan kinerja karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Sharing is caring!