Apa Saja Kelebihan WordPress untuk Blogging?

Saat mencari rekomendasi CMS (Content Management System) terbaik, mungkin WordPress merupakan salah satu rekomendasi yang Anda peroleh. WordPress memang adalah CMS sangat populer di beberapa tahun belakangan ini. Berdasarkan data dari W3Techs memperlihatkan jika platform ini dipakai oleh 34,5% situs di dunia. 

Tetapi, kenapa orang-orang memilih CMS ini? Nah, pada pembahasan kali ini kita akan membahas seluruh kelebihan dan alasan mengapa Anda bisa memakainya untuk berbagai website. Yuk, simak ulasannya berikut ini. 

Kelebihan dari WordPress 

Gratis 

Anda harus tahu jika WordPress bisa didownload dan dipakai secara gratis. Hanya saja, Anda membutuhkan nama domain dan web hosting untuk bisa menggunakannya. Namun, Anda tidak harus mengeluarkan banyak untuk guna memperoleh kedua hal tersebut. 

Sebab Anda bisa menggunakan jasa untuk layanan WordPress hosting yang sekarang sudah banyak ditawarkan secara online. Untuk harganya sangat bervariasi, Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan saja. Selain itu, website WordPress juga bisa dimodifikasi fungsi dan tampilannya. 

Canggihnya lagi ketika memodifikasi kedua hal tersebut, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Mengapa bisa seperti itu? Nah, alasannya akan diungkap di bagian selanjutnya. 

Plugin yang bervariasi 

Jika Anda ingin menambahkan fitur pada WordPress, maka Anda memerlukan plugin. Sekarang telah tersedia sekitar 50.000 lebih plugin gratis pada repositorynya. Misalnya, Anda dapat mengubah WordPress menjadi situs e-commerce menggunakan WooCommerce. 

Tetapi, CMS ini dapat dipakai untuk membuat portofolio secara online memakai plugin Envira Gallery. Selain itu, masih terdapat pilihan lain yang ditawarkan dari developer lain, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Dengan begitu, berbagai variasi yang disediakan, pengguna CMS ini dapat membuat WordPress sesuai dengan keinginan secara mudah. 

Apa Saja Kelebihan WordPress untuk Blogging?

Berbagai tema disediakan 

Salah satu keunggulan dari WordPress yaitu banyak template atau tema website yang dapat Anda gunakan. Pada repository sendiri ada sekitar 7.000 tema yang disediakan secara cuma-cuma. Selain itu, hampir semua tema di WordPress sangat mudah untuk dimodifikasi tanpa perlu coding. 

Apabila Anda ingin mengubah model layout, warna tulisan, mengubah font, hanya dengan beberapa klik saja Anda sudah bisa mengubahnya. Ditambah pula, Anda dapat membeli banyak template premium yang tersedia di toko yang menjual template ini. 

Dikarenakan berbayar, maka mereka umumnya mempunyai fitur yang lebih bagus dibandingkan yang menggunakan secara gratis. Jika banyak pilihan tema yang membuat Anda bingung, maka Anda bisa mencari rekomendasi tema yang cocok untuk template website di Internet. 

Pembaruan dan instalasi mudah dilakukan 

Seperti yang Anda ketahui jika WordPress dikenal dengan proses instalasinya yang mudah diselesaikan hanya dalam hitungan menit saja. Bahkan, banyak jasa web hosting yang memberikan fitur instalasi secara instan yang hanya membutuhkan satu klik saja. 

Tidak hanya itu saja, pembaruannya juga sangat mudah. Saat versi baru dari CMS sudah dirilis, maka Anda akan memperoleh pemberitahuan dan bisa langsung memperbaikinya hanya satu klik saja. Hal tersebut pun berlaku untuk tema dan plugin. 

Multifungsi 

Dengan berbagai plugin dan tema yang diberikan oleh CMS ini, sudah pasti seluruh website bisa dibuat. Anda tidak hanya dapat membuat sebuah toko online atau blog yang sederhana saha, namun Anda bisa membuat company profile, hingga website e-commerce.  

Fleksibel 

Kelebihan dari WordPress selanjutnya yaitu WordPress bisa digunakan untuk membuat website pada berbagai ukuran, mulai dari blog yang sederhana, sampai toko online dengan banyak produk di dalamnya. Namun, fleksibilitas dari WordPress tidak hanya sampai disini saja. 

CMS pun memiliki sifat mobile friendly. Yang berarti, Anda bisa menyesuaikan tampilan dari website dengan berbagai tipe ukuran layar. Selain itu, hal tersebut tidak memerlukan keahlian teknis, lho. Untuk mengelola tampilan dari konten website, maka Anda hanya harus mengklik menu kustomisasi tema. 

Tidak hanya itu saja, terdapat pula sejumlah plugin yang bisa membantu Anda untuk membuat website menjadi mobile friendly, lho. 

Aman 

Keamanan data merupakan hal yang sangat penting saat Anda mempunyai website, khususnya bila berurusan dengan informasi dan transaksi pribadi. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir sebab banyak plugin yang bisa meningkatkan keamanan dan telah tersedia di WordPress, misalnya Sucuri Security dan WordFence. 

Di samping itu, CMS juga akan mengupdate selalu para penggunanya mengenai isu-isu keamanan yang terjadi. Tetapi, Anda pun dapat meningkatkan keamanan dari WordPress ini dari server web hosting, lho. 

Mudah dipelajari 

Kelebihan yang satu ini bisa memudahkan Anda yang masih pemula. Sebab WordPress sangat mudah untuk digunakan untuk para pengguna baru. Diikuti dengan minat belajar yang tinggi, orang biasa juga bisa memahami dengan muda WordPress ini. 

Itu tadi seluruh kelebihan yang dimiliki WordPress untuk blogging yang harus Anda ketahui. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan berguna untuk Anda yang ingin menggunakan WordPress untuk menulis blog. 

Sharing is caring!