Bagaimana Bentuk Investasi Nyata Bagi Seorang Blogger? Yuk Disimak!

umpnuac.com – Di era modern saat ini kegiatan blogging bukan lagi menjadi sebuah kegiatan untuk mengisi waktu luang saja. Kegiatan tersebut dapat dilakukan sebagai sebuah pekerjaan untuk memperoleh penghasilan. Hingga saat ini, terdapat banyak orang yang memilih profesi menjadi seorang blogger. Tentu saja diperlukan investasi tersendiri dalam menekuni bidang pekerjaan ini. Lalu apa saja bentuk dari investasi nyata yang harus dimiliki oleh seorang blogger?

Bentuk Investasi yang Nyata yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Blogger

  1. Perangkat Laptop

Laptop adalah bentuk investasi utama yang harus dimiliki oleh seorang blogger. Mungkin bagi beberapa orang masih menggunakan PC (Personal Computer) untuk digunakan dalam menunjang aktivitas di bidang blogging ini. Namun dengan menggunakan laptop, Anda dapat memperoleh banyak keuntungan di baliknya. Seperti lebih mudah dibawa kemana saja sesuai dengan agenda kegiatan yang dimiliki.

perangkat laptop

Karena kegiatan blogging sendiri terkadang juga memerlukan inspirasi dan ide ide segar sebelum memulainya. Anda bisa mengunjungi perpustakaan, taman, dan juga cafe dengan membawa laptop tersebut. Tidak harus dengan menggunakan laptop yang mahal untuk kegiatan blogging ini. Aplikasi yang diperlukan juga terbilang sederhana dan dapat dipasang pada berbagai jenis laptop yang ada.

  1. Perangkat Smartphone

Bentuk investasi nyata yang diperuntukkan bagi seorang blogger adalah perangkat smartphone. Setelah memiliki laptop, Anda dapat mulai berinvestasi pada bentuk perangkat yang satu ini. Karena dengan perangkat smartphone tersebut tentu akan menunjang kinerja seorang blogger demi memberikan hasil yang optimal di bidang pekerjaannya. Hal ini disebabkan dengan perangkat tersebut dapat Anda gunakan untuk kegiatan mobile blogging.

Mobile blogging yang dimaksud disini adalah menulis, membuat draft, memposting, dan juga blogwalking di dalamnya. Tidak hanya itu, dengan smartphone tersebut juga dapat Anda gunakan untuk berkomunikasi bersama klien yang dimiliki. Akun bank yang telah terhubung dengan smartphone Anda tentu juga akan mempermudah dalam mengetahui penghasilan yang masuk dari kegiatan blogging yang dilakukan.

Baca Juga : Pengertian Guest Post Dalam Dunia Blogging Saat Ini, Yuk Disimak?

  1. Hosting dan Domain Blog

Sebagai seseorang yang terjun di bidang blogging, tentu Anda juga dituntut untuk menjadi seorang blogger yang dapat bekerja dengan profesional. Dalam konteks bidang pekerjaan ini, maka tolak ukur dari profesionalitas diri Anda dapat dilihat dari domain blog dan juga hosting yang ada. Kedua hal inilah yang secara tidak langsung dapat menggambarkan mengenai tingkat keseriusan seorang blogger dalam melakukan kegiatan blogging.

Seperti misalnya saat Anda menggunakan hosting dan domain secara gratis, maka dapat dianggap sebagai seorang blogger yang kurang profesional. Maka anggapan tersebut dapat diminimalisir dengan cara membeli domain dan juga hosting bagi profesi yang sedang Anda geluti. Harga dari domain dan hosting tersebut juga relatif tidak terlalu mahal jika dilihat dari pemasukan yang bisa Anda peroleh dengan terjun di bidang pekerjaan ini.

  1. Desain untuk Blog

Desain blog yang Anda miliki juga dapat berpengaruh pada penghasilan yang akan Anda peroleh. Blog Anda dapat dinilai profesional saat mampu menampilkan kesan yang responsif dan juga menarik minat audiens yang ada. Maka pemilihan dari desain atau tema yang akan Anda gunakan pada blog harus dipilih dengan cermat. Upayakan untuk tidak menggunakan tema yang bisa diperoleh secara gratis.

desain blog

Hal tersebut karena dapat menyebabkan kesan kurang profesional bagi blog milik Anda. Sebagai alternatif lainnya, Anda dapat menggunakan tema berbayar bagi blog tersebut. Menggunakan jasa dari web desainer pun dapat pula Anda pilih untuk menunjang penampilan dari blog yang dimiliki. Dengan pilihan tersebut diharapkan dapat menjadi investasi jangka panjang dan bisa memberikan dampak positif hingga waktu mendatang.

  1. Kegiatan Promosi

Bentuk investasi yang selanjutnya adalah kegiatan promosi yang dilakukan oleh seorang blogger. Jika dilihat secara umum kegiatan promosi sendiri dilakukan sebagai upaya untuk mengenalkan sesuatu kepada banyak orang. Hal inilah yang juga harus Anda lakukan pada blog yang Anda miliki. Pemilihan strategi promosi pun dapat Anda lakukan sedemikian rupa sehingga menjadi lebih tepat sasaran dan juga efektif untuk dilakukan.

Salah satu bentuk promosi yang dapat dilakukan oleh seorang blogger adalah melalui media sosial yang biasanya tersedia secara gratis. Namun jika terdapat dana yang lebih, upayakan untuk menggunakan promosi berbayar yang tersedia saat ini. Misalnya dengan menggunakan iklan di media massa dan juga menggunakan stiker blog.

Anda juga dapat memilih cara promosi dengan menggunakan iklan pada Google Ads. Dan jika Anda membutuhkan dana cepat untuk biaya promosi blog Anda, gunakan pinjaman daring yang resmi dan terdaftar di OJK seperti Tunaiku yang terbukti aman dan proses yang mudah.

Bentuk investasi bagi seorang blogger memang terkesan sederhana. Namun dengan investasi tersebut diharapkan memberikan dampak positif bagi seorang blogger di masa mendatang. Mulai dari pengadaan perangkat laptop dan smartphone serta investasi berupa kegiatan promosi untuk mengenalkan blog yang dimiliki. Bentuk investasi yang lainnya adalah hosting dan domain serta investasi dalam bentuk tampilan atau tema blog yang ada.

 

Sharing is caring!