Berapa Biaya yang Diperlukan untuk Membangun Blog Pribadi?

Banyak orang yang bertanya-tanya berapa budget yang dibutuhkan untuk membangun blog pribadi. Mungkin pertanyaan tersebut juga muncul di kepala Anda yang mana memutuskan untuk mencari informasi terkait biaya yang dibutuhkan untuk membuat blog pribadi.

Jawabannya adalah untuk harga membuat sebuah blog tergantung budget serta tujuan Anda dalam mebangun blog tersebut. Kesimpulannya, biaya yang dikeluarkan tidak menentu karena menyesuaikan kebutuhan setiap orang.

Pada artikel kal ini, mungkin Anda dapat memperoleh jawaban atas pertanyaan yang ada di kepala Anda dengan menyimak penjelasan disini. Maka dari itu simak sampai habis ya!

Biaya Pembuatan Website WordPress

WordPress itu merupakan CMS gratis yang dapat dipakai oleh siapapun. Namun, untuk membuat sebuah website WordPress yang dapat berfungsi sesuai keinginan Anda, tentu Anda harus menyiapkan budget.

Estimasi biaya yang harus Anda keluarkan  untuk pembuatan website biasanya untuk aspek-aspek seperti berikut ini, antara lain:

  •         Web hosting. Dimana hosting merupakan  wadah penyimpanan seluruh data serta file fi website atau blog Anda nantinya.
  •         Domain. Domain adalah alamat web Anda di internet, seperti contoh google.com atau niagahoster.co.id.
  •         Desain. terkait aspek tersebut pihak wordpress sudah menyediakan begitu banyak tema yang gratis. Akan tetapi bila Anda ingin mendapatkan fitur tambahan, tersedia pula tema yang berbayar yang mana fiturnya jauh lebih lengkap.
  •         Plugin. Plugin merupakan tools yang dapat menambahkan fitur tertentu ke blog atau website Anda. Cukup banyak plugin di wordpress yang bisa didapatkan secara gratis, namun ada juga plugin berbayar.
  •         Budget untuk biaya keamanan. Aspek ini sifatnya tidak begitu wajib, namun tetap direkomendasikan untuk Anda yang ingin membangun blog atau website supaya memastikan dari sisi keamanannya.

Lewat penjabaran berusan, memang terlihat Anda perlu mengeluarkan biaya untuk beberapa aspek ketika membangun website atau blog. Tapi apakah benar seperti itu?

Kesimpulannya, berapa sebetulnya biaya untuk membuat blog? Ya, itu kembali lagi ke tujuan dan budget Anda membuat blog. Diatas sudah dituliskan estimasi biaya untuk pembuatan website yang bisa dijadikan sebagai acuan.

Nah, jika membutuhkan estimasi biaya pembuatan blog atau website, mari kita coba melakukan simulasi buaya pembuatannya sesuai kebutuhan Anda pribadi berikut ini.

Berapa Biaya yang Diperlukan untuk Membangun Blog Pribadi?

1.       Untuk Pemula yang Tidak Membutuhkan Sumber Daya Besar

Apabila Anda sedang mencari keseimbangan dari harga yang terjangkau , namun tetap mempunyai keleluasaan terkait sumber daya, maka rata-rata biaya pembuatan website atau blog  sekitar 26 ribu per bulan. Anda bisa mengeceknya sendiri di internet.

Memang bila dilihat secara sepintas, paket untuk harga paling murah yakni Paket Bayi. Tapi bila Anda perhatikan lagi. Paket Bayi tersebut tidak memberi domain secara gratis seperti halnya paket lain. Itu berarti Anda perlu membeli domain secara terpisah yang bila dihitung untuk hasil akhirnya justru akan lebih mahal.

Maka dari itu, disarankan untuk Anda memilih paket Unlimited Hosting Paket Personal. Bukan hanya gratis untuk domain saja, namun Anda juga memperoleh penyimpanan tidak terbatas serta memperoleh gratis SSL untuk selamanya. Tentu ini menjadi paket komplit tapi harganya tetap bersahabat.

2.       Membutuhkan Sumber Daya Besar namun Tidak Bisa Mengurus Server

Untuk keperluan satu ini, disarankan untuk memilih pekat Cloud Hosting Paket Premium dengan harga sekitar 150 ribuan per bulannya. Dengan mengeluarkan biaya yang lebih murah dibanding biaya paket internet perbulan tersebut, Anda pun akan memperoleh server fully managed dan siap menampung para pengunjung dengan jumlah masif.

Lebih tepatnya, nanti Anda akan memperoleh unlimited website, lalu unlimited email account, unlimited bandwidth, 6 GB RAM, 60 GB disk space serta domain gratis (.net, .com, .or.id, .sch.id, .org, .web.id, .site, .info, .xyz, .ac.id, .space, .website, serta .ponpes.id) yang mana semuanya bisa menjadi pilihan Anda.

3.       Bila Bisa Mengurus Server serta Butuhkan Server Sendiri

Masih banyak orang yang beranggapan bahwa dengan memiliki server sendiri sangat mahal. Padahal dengan menggunakan Cloud VPS Paket Starter dengan harga 105 ribu per bulannya, Anda akan memperoleh banyak fitur dan fasilitas seperti server VPS yang speknya tinggi, berupa disk space 60 GB, bandwidth dengan 3000 GB, CPU z 7.2 Ghz dan RAM 3GB. Tentu kapasitas ini sangat pas untuk kebutuhan blog pribadi Anda.

Setelah menyimak dan mengetahui estimasi pembuatan website atau blog diatas tentu bisa menjadi gambaran untuk Anda yang memiliki rencana membangun sebuah blog pribadi. Kembali ke pertanyaan mengenai biaya membangun suatu blog pribadi, dan ternyata biayanya pun tidak besar, bukan? Maka dari itu, Anda harus membuang jauh-jauh anggapan terkait budget membuat blog itu sangat mahal. Sejatinya membuat blog mulai dari gratisan sampai ke biaya yang paling itu semua tentang berbicara soal kebutuhan masing-masing orang.

 

Sharing is caring!