Berapa Idealnya Konten yang Harus Diposting di Blog Selama Seminggu ?

Blogging Tips

Berapa kali seminggu idealnya memposting konten di blog?. Pertanyaan seperti ini cukup sering muncul dipikiran blogger. Sama halnya ada orang yang bertanya di sebuah forum seperti “yang mana lebih baik, apakah posting seminggu sekali langsung berjumlah 6 konten atau melakukan posting konten 1 kali sehari?” Nha, pertanyaan-pertanyaan ini hampir selalu ada di benak para blogger.

Para blogger pasti memiliki jadwalnya sendiri ketika mengelola sebuah blog miliknya entah soal memposting konten atau waktu online nya, serta waktu blogwalking. Sebab dengan menyusun jadwal ini kegiatan blogging dapat seimbang oleh kegiatan yang dilakukan secara offline, apabila aktifitas blog cuma sebatas pekerjaan part time.

Idealnya Update Konten dalam Seminggu

Jika berbicara tentang  berapa kali idealnya memposting konten pada blog dalam seminggu. Idealnya adalah melakukan update setiap hari minimal 1 artikel atau konten yang berarti 7 kali dalam seminggu. Biasanya blog personal cuma dikelola secara pribadi, maka dari itu situs blog sendiri tidak mampu untuk selalu update konten satu hari dalam jumlah yang banyak.

Beda halnya dengan website atau situs besar khususnya situs yang mengulas tentang berita, mereka mampu mengupdate hingga ratusan artikel dan bahkan bisa lebih. Sebab situs jenis ini pastinya dikelola oleh sebuah tim atau orang banyak serta didukung oleh pendanaan yang besar.

Sebetulnya Google tidak begitu memperdulikan frekuensi update konten, namun bagi para blogger berpengalaman, pasti tidak mau mengabaikan blog mereka dan menjadi tidak diurus untuk waktu yang lama. Dengan begitu para blogger berpengalaman apalagi jenis blog bisnis tentu mereka akan selalu update konten setiap hari.

Hal ini semakin terasa jika memiliki pelanggan yang setia, pastinya update konten akan selalu ditunggu oleh para pengguna yang setia terhadap blog tersebut.

Pasti akan timbul pertanyaan lain, mengapa harus update 1 artikel dalam satu hari? Atau 1 artikel dalam 3 hari? Dan bagaimana kalau update 6 artikel sehari untuk 1 minggu kedepan? Tentu hal seperti ini sah-sah saja, selain itu juga tidak ada patokan yang pasti dan tidak ada larangannya, mau selalu update tidak apa-apa, tidak di update sama sekali juga sah-sah saja karena itu adalah blog kamu sendiri.

Namun, pada artikel kali ini akan dijelaskan alasan mengapa sebuah blog harus update konten 1 artikel untuk satu hari atau. Berikut ini terdapat beberapa alasan yang bisa kamu pahami.

1. Pengguna Internet Setiap Hari Online

Perkembangan teknologi dan kecanggihan internet, membuat banyak orang yang melek akan internet, dengan begitu setiap harinya pasti ada saja orang yang aktif atau online untuk menelusuri internet dan mencari sebuah informasi yang diperlukan, baik itu seorang blogger atau pengguna biasa. Mereka akan secara bergantian online untuk mendapatkan informasi lewat mesin pencarian.

Maka dari iut, apabila blog yang kamu kelola sering melakukan update konten, besar kemungkinan blog tersebut akan mudah untuk tampil di hasil penelusuran Google.

Apalagi bila blog kamu sudah memiliki pengikut yang lumayan banyak, pastinya diantara mereka akan selalu online tiap hari. Meski kemungkinan ketika online pengunjung kamu tidak langsung bersamaan, tapi pengguna setia dari blog kamu akan cenderung melihat dan berkunjung ke blog kamu karena mengetahui blog yang disukai telah update konten terbaru.

2. Trafik pada Blog Akan Dihitung Tiap Hari

Biasanya trafik blog sendiri akan selalu dihitung sekali dalam satu hari, dan tentu tidak akan dihitung sekali dalam 4 hari atau bahkan dihitung satu minggu satu kali. Meski perhitungannya ada yang 1 bulan sekali, tapi hal ini merupakan hasil atau akumulasi trafik harian.

Kamu pasti jarang mendengar jika blog kamu pageview nya sekitar 1000 pengunjung per minggu atau bahkan sekitar 1000 pageview dalam 3 hari. Trafik sendiri memang selalu dihitung setiap harinya. Maka dari itu jika kamu dapat melakukan update konten blog setiap harinya minimal 1 kali, besar kemungkinan blog mengalami kenaikan trafik yang signifikan.

Meski upaya tersebut tidak bisa terjadi dengan instan dan cepat, tapi hal ini berada di jalur yang tepat dan dapat diterapkan secara berkala dan perlahan tapi pasti. Mesin Google sendiri cenderung lebih menyukai situs blog yang rutin update konten dibanding blog yang jarang melakukan update konten artikel.

3. SERP Google akan Diperbarui Tiap Hari

SERP atau tampilan hasil dari pencarian mesin Google juga akan selalu diupdate tiap hari. Tentu akan sangat wajar jika konten artikel kamu yang tadi berada pada halam utama Google lalu berpindah ke halaman berikutnya atau halaman kedua, dan bahkan hilang begitu saja. Kondisi menunjukan adanya persaingan tiap hari antara pemilik blog satu dengan situs blog lainnya.

Akan tetapi hal ini tidak begitu berpengaruh untuk jenis kata kunci artikel abadi. Namun bagi kata kunci terkait berita, dapat dipastikan dan terlihat sekali updatenya. Konten bertema seperti ini akan selalu mengalami update bukan hanya perhari namun per menit dan per detik.

Sharing is caring!