Berikut Beberapa Faktor agar Blog Diminati untuk Content Placement

umpnuac.com – Untuk bisa mendapatkan uang dengan mengunggah sebuah konten di blog tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Karena sebelum sebuah blog itu bisa untuk menghasilkan uang, maka blog tersebut wajib mempunyai kualitas yang sangat baik. Mulai dari mempunyai kualitas artikel yang relevan dan memiliki jalur traffic yang dapat dipercaya dan tinggi terutama untuk mesin pencari, seperti Yahoo, Google, Bing dan media sosial lainnya. 

Namun, ternyata ada cara lain yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah dari blog. Salah satu caranya yaitu dengan melalui kerjasama content placement. 

Content Placement, Apa Itu? 

Content placement merupakan sebuah aktivitas untuk bisa mempromosikan sebuah produk, brand, atau layanan jasa ke orang lain di dalam blog miliki seorang blogger. Aktivitas tersebut dibuat dalam sebuah konten artikel atas kesepakatan dari blogger dengan pihak pengiklan (advertiser). 

Untuk hal tersebut seorang blogger sebagai pemilik blog pada umumnya akan diminta untuk menulis sebuah artikel yang didalamnya berisikan tentang review dari produk atau layanan jasa yang dimiliki oleh pengiklan dengan mencantumkan beberapa atau satu tautan yang berupa link ikuti ke website miliki pihak pengiklan. 

Pada umumnya untuk aktivitas tersebut biasanya pihak pengiklan akan membayar blogger berdasarkan dari kesepakatan yang dibuat. Untungnya lagi harga yang ditawarkan ditentukan oleh blogger itu sendiri dan bukan dari pihak pengiklan. Nah, sungguh menguntungkan bukan? Apa saja faktor yang bisa membuat sebuah blog diminati untuk content placement? Simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Berikut 4 Faktor agar Blog Diminati untuk Content Placement 

Blog yang memiliki tingkat DA dan PA yang tinggi 

Domain Authority (DA) dan PA (Page Authority) merupakan salah satu poin penting yang wajib diperhitungkan oleh pihak pengiklan, karena hal tersebut untuk mempercayai kualitas dari blog yang kita miliki. Selain itu, blog yang mempunyai DA dan PA yang tinggi berarti blog tersebut mempunyai ranking dan popularitas yang baik di mesin pencarian, seperti Google. 

Pastinya pihak pengiklan akan menyeleksi blog yang memiliki nilai DA dan PA yang tinggi untuk mencantumkan backlink mereka di blog yang dimiliki oleh blogger yang memiliki kualitas. 

apa itu content placement

Hal tersebut disebabkan karena ada banyak ahli SEO yang meyakini bahwa backlink yang baik adalah backlink yang diperoleh dari situs ataupun blog yang mempunyai DA dan PA yang tinggi, sebab blog itu mendapatkan kepercayaan penuh dari mesin pencarian. 

Itulah mengapa pihak pengiklan akan menggunakan website atau blog yang mempunyai nilai DA dan Pa yang tinggi dan standar yang harus dimilikinya yaitu di angka 10, jika bisa lebih tinggi maka lebih bagus. Faktor yang mempengaruhi tingginya nilai DA dan Pa dari suatu blog yaitu konten artikel yang memiliki kualitas bagus, relevan dan juga memiliki waktu loading yang cepat. 

Baca Juga : Pemula Wajib Ketahui Plus dan Minus Ikuti Komunitas Blogger

Spam score blog 

Ingatlah, kamu tidak boleh memiliki spam score blog yang tinggi karena hal tersebut bisa menjadi faktor kalau blogmu memiliki kualitas yang buruk di mesin pencari. Sehingga akibatnya blog yang mempunyai spam yang tinggi cenderung akan sulit untuk mendapatkan pembaca organik yang berkunjung dari hasil penelusuran mesin pencari. 

Spam yang tinggi biasanya terjadi jika konten dalam blog tersebut berisi informasi yang sensitif, misalnya penipuan, konten yang tidak sopan ataupun banyak melanggar aturan dari Google Webmaster. Hal tersebutlah yang menjadi pemicu blog tidak dilirik oleh pihak pengiklan. 

Jumlah pengunjung dan page views 

Faktor lainnya yang membuat pengiklan berminat untuk mencantumkan backlink mereka ke blog yakni jika blog mempunyai jumlah visitor dan pageviews yang tinggi di setiap harinya. 

Semakin banyak yang berkunjung ke blog di setiap harinya maka hal itu akan membuat pengiklan mempercayai kita dan ingin melakukan kerjasama content placement dengan para blogger. 

Untuk jumlah pengunjung ataupun page views blog yang disukai oleh pengiklan tidak ada standar yang pasti untuk jumlahnya. Namun, lebih baik memiliki jumlah pengunjung dan pageviews yang tinggi, karena akan berdampak besar untuk mendapatkan peluang kerjasama content placement dari pihak pengiklan. Untuk itu, SEO menjadi salah satu standar yang paling penting untuk bisa meningkatkan pengunjung dan pageviews blog mu.  

Buat halaman profil blog 

Pada umumnya halaman profil blog terdiri dari informasi tentang blog dan juga konten yang akan dibagikan di dalam blog. Selain itu, jika blog kamu merupakan blog pribadi, maka sebaiknya profil bisa saja berisi tentang  informasi diri kamu dan apa saja yang akan kamu bagikan di dalam blog tersebut. 

Kamu bisa deskripsikan dirimu pada halaman profil dengan singkat dan jujur. Karena biasanya pengiklan akan memerlukan informasi dari kamu untuk bisa dipercaya dalam kerjasama nantinya. 

Itulah faktor-faktor yang wajib kamu ketahui jika ingin mendapatkan pundi-pundi rupiah dari blog yang kamu miliki. Semoga informasi tersebut bermanfaat! 

Download: Aplikasi Senyumku

Sharing is caring!