Bisakah Blogger Ajukan Pinjaman Online? Simak Penjelasan dan Syaratnya

umpnuac.com – Mengajukan pinjaman online pada saat ini memang menjadi salah satu cara paling cepat dan mudah untuk Anda yang memang membutuhkan dana darurat. Namun, apakah bisa jika Anda seorang blogger mengajukan pinjaman online? Mengingat bahwa pekerjaan ini baru belakangan dan perbulannya selalu mendapatkan hasil yang berbeda. 

Bagi Anda yang berprofesi sebagai blogger dan ingin mengajukan pinjaman online tidak perlu khawatir karena ternyata sangat mudah dan juga tidak sulit. Di bawah ini adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan pinjaman online dengan cepat dan mudah. 

Syarat Mengajukan Pinjaman Online Untuk Blogger

Untuk Anda ingin mengajukan pinjaman online, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi terlebih dahulu. Namun, syaratnya sendiri tidak susah. Berikut ini adalah penjelasannya lebih lengkapnya: 

  • Jelas Warga Negara Indonesia 

Syarat paling utama jika ingin melakukan pinjaman online adalah Anda berwarga negara Indonesia, di mana di tunjukan bukti bahwa Anda memiliki KTP atau Kartu Tanda Penduduk. Jadi, walaupun Anda seorang blogger dan memiliki KTP asli Indonesia maka sudah memenuhi syarat yang paling pertama. 

  • Sudah cukup umur 

Walaupun pinjaman online terbilang mudah untuk didapatkan, namun ada syarat yang tidak bisa Anda melewatkan syarat yang satu ini. Di mana jika Anda sudah memiliki KTP tapi belum berumur 21 tahun maka sudah pasti tidak akan dapat mengajukan pinjaman. Kebanyakan batas usia yang diberikan adalah minimal sudah berumur 21 tahun hingga 60 tahun. Jika Anda masih dalam batas umur tersebut, maka masih mungkin akan menerima pinjaman. 

Baca Juga : Profil Beberapa Komunitas Blogger yang Ada di Indonesia

  • Penghasilan sebulan 

untuk poin yang satu ini sebenarnya tidak terlalu memberatkan, di mana Anda harus memberi keterangan berapa banyak penghasilan yang bisa Anda dapatkan dalam sebulan. Tentu saja, batas penghasilan ini akan disesuaikan dengan domisili Anda.

mengajukan pinjaman online bagi seorang blogger

Karena setiap daerah memiliki batas yang berbeda-beda. Jadi jika Anda memenuhi batas penghasilan yang sudah diberikan maka secara cepat dana akan cair. 

  • Lampiran slip gaji 

Untuk syarat yang ini sendiri tidak semua pinjaman online membutuhkannya, tapi tidak ada salahnya Anda sebagai blogger menyertakan berapa pendapatan sebulan. Tapi kebanyakan pinjaman online tidak membutuhkan surat lampiran slip gaji Anda. 

  • Pastikan rekening sesuai dengan nama KTP 

Syarat terakhir yang terkadang dilupakan bagi para peminjam online adalah dari rekening bank yang digunakan. Jika Anda ingin mengajukan pinjaman online, sebisa mungkin nama rekening bank yang Anda gunakan sesuai dengan nama yang ada di KTP. Hal ini sendiri syarat mutlak yang tidak boleh dilewatkan, karena berbeda nama sudah pasti pinjaman tidak akan cair. 

Melihat syarat umum yang diberikan pinjaman online yang dijelaskan, sudah dapat disimpulkan bahwa Anda tidak perlu khawatir jika profesi yang dijalani adalah blogger. Karena dari syarat tersebut para lembaga pinjaman online hanya memerlukan KTP serta rekening yang sesuai dengan nama yang sama. 

Tapi, mengajukan pinjaman online juga harus ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan. Apalagi dengan adanya kemajuan teknologi, di mana banyak sekali lembaga pinjaman online yang menawarkan jasanya. Anda harus pintar memilih mana lembaga yang terpercaya. Di bawah ini akan ada penjelasan singkatnya. 

Cara Memilih Pinjaman Online Agar Tidak Tertipu 

Memilih pinjaman online juga harus berhati-hati, apalagi saat ini banyak sekali pinjaman online yang ternyata menipu dan juga memberatkan masyarakat. Berikut ini adalah cara memilih pinjaman online yang tepat: 

  • Kenali lebih jauh lembaga yang ingin digunakan 

Pertama-tama adalah Anda harus mengenali lembaga yang ingin Anda gunakan, di mana nama dari lembaga pinjaman online saja sudah cukup. Anda dapat mencari informasi dari internet, termasuk apakah lembaga tersebut sudah terdaftar di OJK sebagai badan pengawas keuangan nasional. Pastikan semua informasi adalah benar dan bukan dibuat-buat. 

  • Hitung bunga yang diberikan 

Pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK saja tidak cukup, Anda harus dapat mengetahui seberapa besar bunga yang diberikan oleh pinjaman online tersebut. Karena jika Anda tidak menghitungnya, maka bisa saja bunga yang diterapkan lebih tinggi dari penetapan yang seharusnya. 

  • Lama waktu pencairan dana 

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah dari lama waktu yang dibutuhkan untuk pencairan dana. Karena pinjaman online sendiri biasanya akan memberikan waktu sekitar seminggu untuk pengiriman dana. Jadi, ada baiknya Anda tidak perlu khawatir jika belum melewati seminggu, karena jika jumlah pengajuan banyak bisa saja memang prosesnya memakan waktu yang sedikit lama. 

Itu adalah beberapa penjelasan dari syarat dan cara memilih pinjaman online yang terpercaya, dimana walau Anda seorang blogger masih bisa mengajukan pinjaman. Namun, perlu diperhatikan untuk membayar cicilan tepat waktu agar tidak menumpuk denda yang tentu saja akan memberatkan Anda. 

 

Sharing is caring!