Cara Cerdas Melunasi Hutang

Mengelola keuangan bukanlah perkara yang mudah, karena buktinya masih ada saja yang tidak bijak dalam mengeluarkan keuangannya. Sehingga menyebabkan seseorang memiliki hutang, meskipun ada hutang kadang dipicu oleh sesuatu yang mendesak. Namun memiliki beban hutang tentunya membuat hidup tak tenang. Untuk itu, ada beberapa tips cerdas yang bisa dilakukan untuk segera terbebas dari belenggu hutang. Simak ulasannya.

pinjaman dan terlilit hutang

Tips Cerdas Untuk Segera Terbebas Dari Lilitan Hutang

  1. Mencatat Semua Hutang Yang Dimiliki

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mencatat semua hutang yang dimiliki lebih dahulu. Catat semua nominalnya dengan jelas dan juga detail berikut dengan bunganya jika memang harus ada bunga yang dibayarkan. Dengan begitu anda bisa melihat hutang mana yang harus diprioritaskan. Terutama pinjaman dengan bunga yang besar, dimana semakin lama pembayaran maka bunga juga akan semakin membengkak.

Bukan hanya itu, mencatat juga akan memudahkan anda untuk mengelola keuangan anda berikutnya. Dana yang dimiliki akan dialokasikan kepada hal hal yang memang memiliki urgensi saja. Anda juga bisa memisahkan dana untuk menabung serta untuk membayar pinjaman. Hal ini penting, agar semuanya tidak bercampur baur dan habis begitu saja tanpa tahu kemana perginya dana tersebut. Pengeluaran yang tak begitu perlu juga bisa dipangkas.

  1. Membuat Pendapatan Lebih Besar Dari Pengeluaran

Banyak yang belum menyadari, jika dalam hidupnya ternyata lebih banyak mengeluarkan uang daripada menghasilkan uang. Besar pasak daripada tiang ini merupakan pola hidup yang harus segera diubah jika anda ingin segera melunasi segala pinjaman anda. Bukannya bisa melunasi hutang, anda justru akan menumpuk hutang lebih banyak lagi. Untuk itu langkah kedua yang bisa anda lakukan adalah merubah gaya hidup anda.

Anda harus sudah mulai berpikir untuk mulai menekan pengeluaran yang tidak perlu. Pendapatan yang dihasilkan harus lebih banyak dibandingkan pengeluarannya. Sehingga selain bisa membayar hutang, anda bahkan punya sisa dana untuk disisihkan. Sebaiknya tidak menulis pengeluaran bulanan di angan angan saja. Silahkan tuliskan dengan rinci dan detail pengeluaran yang dibutuhkan di setiap bulannya.

  1. Memulai Gaya Hidup Yang Lebih Hemat

Hemat bukan berarti pelit. Dengan mengurangi beberapa pengeluaran tak penting dan menekan pengeluaran bisa menjadi cara hidup hemat. Anda yang biasanya berbelanja di supermarket, berubah berbelanja ke pasar tradisional. Berburu barang barang yang sedang diskon juga merupakan langkah agar mulai berhemat. Apalagi biasanya ada banyak diskon terutama di awal bulan. Barang diskon bukan berarti kualitasnya akan berubah terutama untuk bahan makanan.

Anda bisa memangkas dan tersebut untuk dialokasikan membayar hutang. Bukan hanya itu, untuk hobi hobi mahal anda juga bisa mulai menekannya. Jika sebelumnya sebulan 2 kali, bisa dirubah menjadi 1 bulan 1 kali. Menekan pengeluaran juga bisa dilakukan dengan mulai hemat energi atau memasak sendiri dibandingkan jajan di luar agar lebih hemat. Jajan di luar juga bisa dikurangi sehingga ada dana yang bisa disisihkan lebih banyak.

  1. Mencari Penghasilan Tambahan

Agar segera terbebas dari hutang, anda bisa mencari penghasilan tambahan dengan bekerja part time. Meskipun resikonya anda membutuhkan banyak tenaga serta waktu untuk bekerja. Pekerjaan paruh waktu kini juga sangat banyak jenisnya, anda bisa memilih yang tak mengganggu jam kerja utama anda. Berbisnis online juga bisa menjadi pilihan karena bisa dikerjakan kapan saja serta tidak terikat sehingga lebih leluasa dan bebas.

Selain bisnis online, anda juga bisa menjual pulsa maupun paket paket aplikasi yang kini banyak dicari. Memanfaatkan kemampuan anda juga bukanlah ide yang buruk, saat ini banyak juga yang menawarkan desain atau kerajinan yang bisa dipasarkan di online. Dengan tambahan pemasukan dari kerja sampingan akan membuat anda segera melunasi hutang. Hanya saja yang perlu dicatat, jangan sampai pekerjaan ini mempengaruhi pekerjaan utama anda.

  1. Mencairkan Investasi atau Dana Darurat

Cara satu ini terbilang ampuh, namun sebaiknya dijadikan cara terakhir. Karena menjual investasi atau mencairkan dana darurat. Ketika hutang anda lunas, maka anda juga kehilangan investasi serta dana darurat. Ada baiknya berusaha lebih dahulu, barulah mencairkan investasi ataupun mencairkan dana darurat. Selain itu juga bisa menjual harta harta berharga untuk melunasi hutang yang sudah membengkak.

Tidak ada salahnya melakukan cara satu ini, daripada nanti bunga semakin membesar dan anda semakin kesulitan. Nantinya anda bisa mengumpulkan dana lagi untuk membeli barang berharga atau investasi jangka panjang. Bagi anda yang seringkali memberikan pinjaman kepada orang lain, juga sebaiknya segera menagihnya. Dana itu bisa masuk ke dana darurat yang bisa dialokasikan untuk membayar hutang. 

Setiap orang tentunya ingin hidup tanpa memikirkan hutang. Namun terkadang ada saja yang menjadikan seseorang terpaksa berhutang. Kalau sudah begini, kemampuan mengelola keuangan yang baik menjadi kunci utama agar hutang bisa dibayarkan.

Kalau Anda yakin punya kemampuan mengelola pinjaman dengan baik, aplikasi Tunaiku siap membantu Anda keluar dari masalah finansial dengan cepat dan tepat. 

Sharing is caring!