Cara Mempromosikan Blog agar Banyak Pengunjung

umpnuac.com – Mempromosikan sebuah blog merupakan hal yang wajib kamu lakukan apabila ingin sukses dalam menggeluti dunia blogger. Hal tersebut merupakan kegiatan promosi seperti mengiklankan ataupun mengenalkan blog yang kamu miliki ke banyak orang, dengan begitu blog tersebut akan dikenali oleh banyak orang serta berpotensi untuk mereka kunjungi secara berkala.

Aan tetapi ketika melakukan promosi, terdapat beberapa teknik yang harus kamu perhatikan supaya apa yang disampaikan kepada pengguna bisa diterima dengan baik, karena tidak semua orang senang dengan yang namanya promosi iklan, apalagi yang dipromosikan adalah sebuah produk baru atau pada contoh kasus disini yaitu blog baru.

  • Memanfaatkan Sosial Media Sebagai Ranah Promosi Blog

Dengan melakukan cara promosi melalui sosial media tentu merupakan salah satu cara yang praktis dan mudah agar blog kamu mempunyai trafik yang tinggi. Kamu bisa memulainya untuk promosikan blog kamu menggunakan sosial media pribadi, dan lebih dianjurkan untuk mempromosikannya di sosial media yang sedang ngetren seperti Instagram, Twitter dan Facebook.

Apabila kamu melakukan promosi di sosial media yang sedang populer tentu akan mendatangkan potensi pengunjung yang tinggi, karena satu dari sepuluh orang yang melihat promosi tersebut bisa tertarik sehingga mengunjungi blog yang kamu miliki.

  • Memberikan Komentar pada Blog Orang Lain

Ketika melakukan teknik promosi seperti ini, kamu harus memperhatikan etika agar tindakan kamu yang sebelumnya ingin mempromosikan sesuatu justru membuat orang-orang tidak menyukai blog kamu. Sebelum melakukan promosi melalui kolom komentar, sebaiknya kamu perhatikan terlebih dahulu hal apa saja yang dilarang oleh blog bersangkutan.

cara mempromosikan blog

Umumnya blog-blog lain tidak mengizinkan adanya alamat link yang masuk, jika benar begitu, kamu bisa mengisi kolom komentar dengan memakai Name/Url, atau OpenID blog milik kamu pribadi.

Baca Juga : Melihat Beberapa Tools yang Digunakan Oleh Blogger

  • Cobalah untuk Sesekali Kamu Membuat Subtitle Film

Meskipun terdengar sedikit aneh, tapi hal ini benar adanya. Jadi kamu bisa membuat subtitle dari berbagai film yang sedang ramai dan sedang gencar-gencarnya dicari oleh kaum penikmat film gratisan, dan pastikan kamu juga menaruh alamat blog pada bagian pembuka dan juga penutup subtitle tersebut.

Tidak akan menjadi masalah meski blog yang kamu miliki sedikitpun tidak menyangkut soal film, para pengunjung pun tidak akan keberatan atau bahkan mereka merasa berterima kasih sebab kamu telah menyediakan subtitle film yang tentunya akan berguna bagi mereka.

  • Membuat Sebuah Kontes Berhadiah 

Apabila kamu memiliki modal yang lebih, mungkin kamu bisa mencoba untuk membuat sebuah konten dengan hadiah yang lumayan menggiurkan, kamu tidak perlu membuat yang megah, contoh hadiahnya bisa berupa domain gratis selama satu tahun.

Dengan konsep kontes serta hadiah yang ditawarkan tentu akan mengundang blogger yang ingin berpartisipasi, dan juga lupa memberi syarat berupa mengajak salah satu orang teman, atau bisa dengan syarat wajib menyertakan link kamu pada blog mereka. Hal ini tentu sangat menguntungkan, kamu bisa mendapatkan backlink gratis dari para peserta yang berpartisipasi.

  • Mengiklankan Blog yang Kamu Miliki di Blog yang Sudah Terkenal

Jika kamu tidak ingin mengeluarkan modal untuk urusan promosi, ada metode lain yang cukup jitu jika ingin mengangkat blog pribadi kamu. Kamu bisa meraih keuntungan jika memilih untuk mengiklankan blog pribadi kamu di blog orang lain yang sudah duluan terkenal, disini kamu bisa melakukan negosiasi harga, yang dimana pengeluaran kamu tergantung hasil negosiasi tersebut.

Sedangkan sering ditemui juga blog yang menyediakan layanan iklan berbaris secara gratis, akan tetapi yang melakukan ini merupakan blog-blog yang tidak begitu terkenal. Hal ini sangat wajar, karena kalau blog yang sudah terkenal tentu mereka  tidak mau, maunya ya nyari untung.

  • Gunakan Kemampuan Programing Kamu untuk Media Promosi

Apabila kamu merasa mumpuni dalam mengaplikasikan bahasa program semacam Javascript, Html dan Php, disarankan untuk membuat template yang bisa kamu tawarkan dengan gratis, konsep gratis ini tentu ditujukan supaya semakin banyak orang yang ingin menggunakan template ini, tentu blog yang kamu miliki bisa dipromosikan dengan baik karena adanya credit link di bagian footer, tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan backlink gratis dari mereka yang menggunakan template milik kamu.

  • Aktif di Sebuah Forum agar Blog Kamu Bisa Semakin Dikenal

Kamu juga bisa memanfaatkan salah satu forum sebagai media untuk mempromosikan blog namun kamu juga aktif pada forum tersebut, dan jangan sampai melakukan promosi yang berlebih pada forum tersebut yang membuat kamu di banned dari forum tersebut yang dimana aktivitasmu dianggap sebagai spam.

  • Ikut Berpartisipasi Dengan Program bertukar Link

Bertukaran link atau backlink tentu sangat menguntungkan dalam hal ini adalah promosi serta meningkatkan pengunjung blog. Hal tersebut dikarenakan adanya backlink yang bisa membantu meningkatkan posisi blog kamu di mesin pencarian. Apalagi jika backlink yang didapatkan dari blog yang mempunyai rank yang tinggi.

 

Sharing is caring!