Cara Mempromosikan Situs Blog Bagi Pemula Bebas Biaya

Blog

Merawat dan mengelola suatu blog gampang tadi susah, karena pekerjaan kamu bukan hanya sebatas pembuatan kontennya saja, melainkan harus melakukan promosi. Kamu tidak bisa cuma membagikan konten lalu menunggu para pembaca dengan sendirinya., hal seperti ini tidak akan membuat blog milik kamu ramai pengunjung.

Kamu sebagai pengelola blog harus menerapkan strategi promosi blog yang tepat agar bisa mendatangkan banyak pengunjung dan saat itulah kamu bisa membagikan informasi atau konten di dalamnya. Ulasan kali ini akan memberi panduan untuk kamu mengenai promosi blog ke berbagai platform online yang pastinya murah.

Untuk mempromosikan suatu blog bisa dilakukan di beberapa platform online, bisa di forum online, sosial media, sampai grup komunitas yang ada di Facebook. Agar lebih jelas, simak ulasan terkait promosi situs blog untuk kamu yang pemula dan pastinya murah meriah.

1. Memastikan Konten Kamu Berkualitas

Sebelum membagikan atau memposting konten ke beberapa platform online, kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa konten yang kamu buat berkualitas. Kualitas disini yang berarti konten yang berkualitas secara teknis dan isi dari kontennya.

Pertama, harus memiliki kualitas dari segi teknis. Hal-hal yang terkait teknis ini ada bagian konten yang meliputi pembuatan judul, penggunaan sub judul pembagian paragraf, penempatan tautan, ketepatan kata kunci, hingga optimasi bagian gambar.

Walau terdengar rumit, kamu harus menciptakan kualitas konten dari sisi teknis agar bisa menjaga kualitas dari setiap konten yang ada pada blog. Tidak hanya itu, konten yang tertata dengan rapi tentu lebih gampang untuk dibaca serta dipahami. Para pembaca akan sangat mudah mencari dan menemukan poin dari setiap ulasan yang sedang dibaca.

Kedua, selain dari segi teknis kamu juga harus membuat konten yang bagus secara isi. Hal ini meliputi gaya bahasa, alur cerita, kelengkapan konten, informatif dan solutif. Biasanya kualitas konten tergantung pada apakah konten tersebut dapat menjawab pertanyaan dari para pembaca.

2. Mempromosikan Blog ke Forum Online

Media forum online adalah salah satu dari banyaknya platform yang harus kamu manfaatkan untuk promosi blog. Forum online umumnya menyediakan sebuah forum terpisah yang dapat digunakan untuk topik tertentu agar kamu dapat melakukan promosi blog terhadap calon pembaca yang lebih spesifik orangnya.

Mengenai forum online pasti tidak dapat lepas dari situs seperti kaskus, yang dimana platform ini merupakan forum online terbesar dan tertua yang ada di Indonesia. Pada kaskus sendiri, kamu dapat menemukan banyak forum online yang membahas tentang bermacam-macam topik, mulai olahraga, otomotif, teknologi, kuliner, wisata hingga kecantikan.

3. Aktif di Dalam Grup Facebook

Membagikan konten di media saja tidak cukup. Kamu harus masuk dan mendekati para calon pembaca konten-konten yang kamu buat di ruang yang lebih kecil, yakni grup Facebook. Metode promosi blog di grup facebook terbilang mudah. Tidak jauh berbeda dengan mempromosikan di forum online lain, namun di grup Facebook sendiri memungkinkan kamu menjangkau para calon pembaca yang sesuai minat mereka, tentu pekerjaan ini akan lebih efektif dan efisien.

Kamu bisa memasukan keyword yang berkaitan oleh tema blog kamu di kolom mesin penelusuran Facebook serta pilih filter grup. Nantinya Facebook bakal menampilkan seluruh hasil penelusuran grup yang berkaitan oleh keyword yang kamu tulis.

Saat bergabung ke suatu grup Facebook, kamu wajib mengikuti semua peraturan yang telah ditetapkan oleh admin. Karena ada juga admin yang melarang para anggotanya berjualan di dalam grup atau peraturan dengan mempostingnya dengan menggunakan format tertentu. Disarankan untuk mengikuti aturan yang diterapkan admin supaya kamu tidak dikeluarkan dari grup tersebut.

4. Membagikan Konten ke Instagram Stories

Tercatat, pengguna sosial media Instagram di Indonesia merupakan yang terbanyak nomor 4 di dunia. Terhitung per 2018 saja, jumlah pengguna sosial media Instagram di Indonesia tembus 60 juta akun yang didominasi oleh kalangan dengan usia 18 hingga 35 tahun.

Riset dan fakta ini pasti membuat kamu tidak dapat mengabaikan peluang yang ada di Instagram. Media sosial satu ini sekarang menjadi ajang untuk mempromosikan apapun dan bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk kamu yang mempunyai blog. Fitur menarik yang ada di Instagram sendiri salah satunya Instagram Stories.

Saat ini algoritma pada feed Instagram sedikit beralih, menyesuaikan apa yang sering kamu lihat serta disukai para pengguna. Hal ini berdampak pada postingan kamu yang sering dilewatkan oleh follower sendiri. Kamu dapat mengatasi hal ini dengan memanfaatkan fitur Instagram Stories.

5. Meninggalkan Komentar pada Blog Milik Orang

Walau terdengar sepele, dengan kamu meninggalkan sebuah komentar pada blog milik orang lain, hal ini dapat menjadi strategi promosi yang efektif bagi kamu. Jika kamu menaruh komentar di dalam blog lain, kamu dapat melahirkan trafik dari dua cara.

Pertama, kamu dapat menjalin koneksi dan hubungan terhadap pemilik blog itu. Apabila dia menganggap bahwa konten yang ada di blog kamu layak dibaca banyak orang, tentu dia tidak ragu untuk mau mempromosikan konten kamu lewat blog atau bahkan sosial medianya.

Kedua, setelah menaruh komentar di blog milik orang lain, kamu dapat berdiskusi langsung ke para pengunjung blog tersebut. Dengan hal ini kamu dapat menjalin koneksi tidak hanya ke pemilik blog namun juga kepada para pembaca.

Sharing is caring!