Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Tidak dapat dipungkiri mendapatkan uang dari internet dengan menggunakan blog saat ini sangatlah diminati. Walaupun proses yang perlu dijalani memakan waktu, tapi caranya terbilang mudah. Lalu bagaimana cara mendapatkan uang dari blog? Ikuti ulasan artikel ini. 

Langkah Awal Mendapat Uang Dari Blog 

Sebelum mengetahui bagaimana cara mendapatkan uang, maka kamu harus tahu langkah awal yang harus dilakukan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya: 

  • Tentukan topic dan target pembaca 

Menentukan topic dan target pembaca sangatlah penting dilakukan sebelum kamu membuat sebuah blog. Karena dengan menentukan topik maka target pembaca pun bisa ditentukan. Perlu diperhatikan untuk memilih topik yang sesuai dengan minat dan pengetahuan kamu. Lalu, sebisa mungkin topik yang dipilih juga memiliki peminat besar. 

Dua hal tersebut sangatlah penting agar kamu mudah membuat konten serta tulisanmu juga akan natural dan enak dibaca. Sehingga nantinya pembaca akan betah untuk mencari informasi yang kamu berikan. 

  • Membuat blog 

Jika sudah menentukan topik yang akan diangkat, maka selanjutnya buatlah blog. Kamu bisa menggunakan beberapa platform blog gratis seperti Blogger ataupun WordPress. Bisa juga kamu menyewa web hosting yang berbayar. Agar blog bisa dikunjungi lebih banyak pembaca, maka pastikan nama blog menarik dan mudah diingat. 

  • Buat konten berkualitas 

Memiliki sebuah blog tidaklah cukup, kamu juga harus mengisinya dengan konten yang berkualitas. Karena jika konten tidak berkualitas cenderung tidak akan menarik pengunjung. Hal ini tentu saja sangat dihindari, padahal pengunjung adalah kunci agar blog bisa berkembang dan sukses. 

  • Promosikan blog 

Agar dapat menarik pengunjung ke blog, maka kamu perlu sekali untuk mempromosikan blog. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan SEO atau Search Engine Optimization. Cara tersebut paling banyak dilakukan agar blog bisa mendapatkan posisi tertinggi dalam mesin pencari. 

Cara Mendapatkan Uang dari Blog 

Setelah mengetahui langkah-langkah tersebut, maka selanjutnya kamu perlu mengetahui bagaimana cara mendapatkan uang dari blog. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan: 

  • Iklan 

Cara pertama adalah dengan pasang iklan. Cara yang satu ini adalah memasang iklan di blog, di mana untuk mendapatkan pengiklan kamu bisa menggunakan dua cara. Pertama dengan mendaftar di Advertising Network dan kedua adalah menawarkan langsung ke calon pemasang iklan atau bisa disebut Direct Advertising. 

Advertising Network adalah sebuah platform yang memberikan layanan untuk menghubungkan pemilik blog dengan pengiklan. Kamu hanya perlu mendaftar ke platform tersebut dan mendapatkan kode iklan yang akan dipasang di blog. Pembayaran biasanya diberikan ketika pengunjung mengklik iklan tersebut atau Pay Per Click. 

Sedangkan untuk metode Direct Advertising, kamu harus mencari sendiri orang yang mau memasang iklan di blogmu. Kelebihannya adalah bayaran yang diterima biasanya lebih besar, karena tidak ada pihak ketiga. Jumlahnya sendiri tergantung dari seberapa banyak pengunjung di blogmu. Hanya saja, metode ini terbilang sulit karena tidak mudah mencari orang yang mau beriklan di blog. 

  • Paid review 

Metode yang satu ini terbilang sangat menarik, di mana kamu akan mendapatkan uang ketika melakukan review terhadap suatu produk. Jika dilihat antara Paid Review dan Direct Advertising memiliki persamaan, sama-sama langsung ke pemasang iklan. Hanya saja bedanya, jika Direct Advertising memasang banner iklan, sedangkan paid review ini berupa konten tulisan yang berisi review. 

  • Menjual produk sendiri 

Untuk cara yang satu ini sendiri sebenarnya kamu tidak mendapatkan uang secara langsung dari blog, tapi tetap saja bisa menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan. Tapi dengan cara ini bisa membantu kamu mendapatkan uang lebih banyak. 

Contohnya adalah jika blog yang kamu buat seputar tentang hewan, maka bisa kamu manfaatkan untuk menjual keperluan hewan mulai dari makanan hingga aksesoris. Atau blog kamu bertema alat digital, maka bisa saja kamu menjual alat elektronik. 

Hanya saja cara ini tidaklah mudah, karena kamu harus memiliki produk yang dijual serta mencari pembaca yang memang target untuk membeli produk tersebut. 

  • Blog membership 

Bisa dikatakan blog dengan adanya membership ini akan menghasilkan uang lumayan besar. Sebut saja seperti Netflix, Viu ataupun platform lain yang menyediakan membership untuk menikmati seluruh layanan yang diberikan. 

Kamu bisa membuat blog dengan sistem ini dari kategori live streaming, membuka langganan perangkat lunak, situs biro jodoh dan lain sebagainya. Hanya saja tantangan terbesar adalah selalu memberikan konten premium yang menarik dan mendapatkan kepercayaan dari pengguna. Belum lagi marketing yang harus direncanakan sebaik mungkin. 

Itu adalah beberapa cara mendapatkan uang dari blog. Meskipun begitu, hal utama adalah jangan terfokus pada uang yang akan didapatkan. Penting sekali bagi kamu untuk benar-benar mempelajari bagaimana menjadi blogger yang berkualitas. 

Sharing is caring!