Cara Menjaga Performa Mobil

Meskipun Anda secara pribadi tidak mengerti tentang mesin dan hanya terima beres saat melakukan servis bulanan, Anda tetap perlu mengetahui lima tips merawat mobil secara sederhana ini. Walaupun Anda malas melakukannya, namun tetap bisa menjalankannya. 

Lima tips dalam merawat mobil berikut yang akan dibahas ini, tidak terlalu sulit seperti mengganti oli. Namun, beberapa caranya memang mengharuskan untuk membuka kap mesin mobil. Apakah cara yang akan digunakan melelahkan? Bagi Anda yang tidak menyukai kegiatan seperti itu, mungkin saja.

Namun, apabila tidak dilakukan dan takut terkena oli, mobil yang Anda miliki tidak akan terawat dengan baik. Anda harus yakin, jika tips merawat mobil ini patut dicoba dan dilakukan sekalipun Anda malas melakukannya.

Ganti ban dan cek tekanannya

1. Ganti ban

Fungsi ban untuk sebuah mobil tentu saja sangat penting dan bisa menentukan keselamatan ketika berkendara. Maka sudah suatu kewajiban jika pemilik mobil harus mengerti cara membongkar serta memasang ban. Karena hal ini akan sangat berguna ketika Anda berpergian jauh, kemudian mengalami hal seperti pecah ban atau sejenisnya.

Karena tidak Anda akan selalu meminta tolong kepada orang lain untuk melakukannya, apalagi zaman sekarang kita harus selalu waspada. Dalam proses melepaskan ban, Anda harus memahami pula cara untuk menggunakan dongkrak. Karena sebenarnya cara kerja dongkrang cukup simple, siapapun selama berhati-hati pasti bisa mengoperasikannya.

2. Cek tekanan angin

Selain membongkar pasang ban, Anda harus mengetahui seberapa kuat tekanan gas pada ban. Selalu pastikan untuk mencari informasi tekanan standar pada ban mobil di dalam buku manual. Kemudian, Anda bisa mencoba untuk menendang ban mobil tersebut dengan kaki. Apabila berbunyi yang dihasilkan terasa keras serta kuat pantulannya. 

Maka bisa dikatakan bila tekanan pada ban terlalu tinggi. Namun, jika sebaliknya, berarti masih kurang angin. Jadi, jangan lupa selalu melakukan pemeriksaan pada ban mobil. Terutama ketika mobil sehabis digunakan untuk perjalanan jauh.

Cek oli mesin

Mengganti oli untuk mesin secara berkala memang hal yang harus dilakukan ketika mobil telah digunakan hingga jarak 5.000 kilometer. Namun, terkadang ada kalanya masa melakukan ganti oli mundur dikarenakan kesibukan sehari-hari. Sebagai seorang pemilik mobil, Anda harus bisa mengganti oli sendiri.

Cara untuk mengecek apakah oli mobil sudah waktunya diganti terbilang mudah, Anda hanya harus menghidupkan mesin. Bila indikator oli pada dashboard dalam keadaan mati, itu artinya oli masih aman digunakan. Tapi supaya lebih akurat, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut :

  • Matikanlah mesin mobil Anda, kemudian tunggu kurang lebih 10 menit
  • Anda dapat membuka kap mesin, kemudian tariklah stik oli yang berada di atas bongkahan mesin.
  • Bersihkan bagin ujung stik menggunakan lap.
  • Kemudian masukkan kembali stik dan tarik sekali lagi.
  • Lihat pada stik olinya, Anda bisa mengetahui kadar oli mobil melalui stik apakah rendah, normal, atau kelebihan.
  • Bila terlihat di bagian L, maka kondisinya berkurang. Jika, posisi kedua artinya normal apabila berada di atas angka 3 tandanya kepenuhan.

Merawat aki

Aki mobil memiliki dua tipe, yaitu aki basah dan kering. Perawatan untuk kedua jenis aki ini tentu saja tidak sama. Berikut penjelasannya :

1. Aki basah

Banyak montir yang mengatakan jika aki basah jauh lebih awet, tetapi untuk perawatannya harus  akan sedikit merepotkan, karena Anda harus mengisi cairan elektrolit bila berkurang secara berkala.

2. Aki kering

Untuk aki kering Anda tidak perlu mengisi cairan elektrolit, namun masa penggunaanya  maksimal hanya setahun saja. Jadi, rajinlah memanaskan mesin mobil sekalipun sedang tidak dipergunakan. Panaskan secara berkala dan jika suara starternya terdengar lemah, segera bawa ke bengkel untuk diperiksa.

Tambah persediaan air wiper

Fungsi utama dari air wiper adalah untuk membersihkan bagian permukaan kaca. Anda bisa mengisinya menggunakan air biasa atau bisa juga dengan menambahkan washer fluid. Jika tidak pernah Anda isi, pasti akan habis dan tentu akan mengganggu ketika gerimis turun.

Cuci mobil

Apabila Anda tidak mengerti bagaimana cara membilas serta mencuci mobil yang baik dan benar, mau tidak mau harus rela mengeluarkan dana setiap minggunya sebesar Rp 30.000 hingga Rp 50.000 dengan membawanya ke cuci steam.

Mencuci mobil paling pas adalah satu minggu sekali, sekalipun musim hujan. Namun, jangan terlalu sering karena bodi mobil bisa lembab dan mengakibatkan munculnya jamur. Sementara itu bila jarang dicuci, nantinya akan muncul flek dan membuat penampilan mobil menjadi tidak enak dilihat. Noda tersebut dapat membuat komponen mobil jadi berkarat.

Itulah tadi tips untuk menjaga performa mobil Anda tetap baik dan juga enak dilihat. Jangan pernah malas untuk mengecek keadaan mobil secara berkala, bila Anda tidak memiliki cukup waktu untuk membawanya ke bengkel. Setidak Anda bisa memeriksanya sendiri di rumah.

Sharing is caring!