Cara Pasang Iklan di WordPress Menggunakan Plugin Gratis

Pasti Anda telah mengetahui jika iklan menjadi sebuah cara bagi website untuk menghasilkan uang. Saat ini banyak sekali pemilik blog yang berbondong-bondong mencari cara untuk memasang iklan di WordPress. Tentu saja hal tersebut mereka lakukan supaya dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. 

Berbeda dari platform lainnya, memasang iklan di WordPress ini mudah sekali. Perlu Anda ketahui jika terdapat berbagai macam jenis plugin yang bisa Anda gunakan untuk memasang iklan. Beberapa jenisnya bahkan bisa meningkatkan pendapatan iklan Anda secara spesifik. 

Bayangkan saja, pada umumnya website-website besar yang memiliki banyak pengunjung memasang iklan untuk sumber pendapatan. Model yang paling banyak digunakan yaitu Google Adsense. Bukan hanya itu saja, banyak pula yang memakai iklan afiliasi atau hanya untuk menampilkan brand atau produk yang mereka tawarkan. 

Anda harus tahu juga jika posisi iklan pada setiap postingan sangatlah genting. Untuk apa memasang iklan bila jarang dikunjungi bahkan tidak dilihat sama sekali oleh para pengunjung? Posisi iklan ini harus disesuaikan dengan perilaku dari para pengunjung website Anda. 

Apabila website Anda memakai WordPress, maka pengaturan ini tidak menjadi masalah yang besar. Jika ingin memasang iklan, Anda hanya perlu menginstal plugin saja. Berikut ini kami mempunyai beberapa rekomendasi plugin yang dapat Anda gunakan di WordPress untuk meningkatkan pendapatan website Anda. 

  1. AdRotate 

Anda bisa menggunakan AdRotate ini untuk memasang bermacam-macam jenis iklan, misalnya afiliasi, Adsense, Chitika, dan lainnya. Selain itu, Anda pun dapat membuat laporan untuk dapat impresi dan klik di iklan Anda. 

Anda bisa mengatur jadwal, seperti klik tertentu dan plugin iklan yang akan muncul setelah impresi. Bila iklan tersebut berakhir sesuai masa aktif yang sudah ditentukan, maka Anda bisa mengatur kembali pemberitahuan lewat perangkat seluler atau juga email Anda. 

AdRotate ini juga mempunyai beberapa fitur yang menarik seperti bisa menunjukkan iklan dari lokasi tertentu. Anda bisa melihat performa seluruh iklan, seperti statistik harian atau bulanan, CTR, bisa diekspor ke file CSV serta AdRotate juga mampu untuk mengetahui penggunaan ad blocker. 

Bila pengunjung ketahuan memakai ad blocker, maka secara otomatis notifikasi akan langsung muncul untuk terlebih dahulu meminta pengunjung tersebut mematikan ad blocker.

  1. Ad Inserter 

Selanjutnya yaitu ada Ad Inserter. Apabila Anda mempunyai keperluan untuk menempatkan sejumlah unit iklan pada posisi tertentu, maka Ad Inserter menjadi solusi yang tepat. Ad Inserter ini juga memiliki keunggulan lain seperti mendukung kode iklan dalam bentuk PHP, Javascript, dan HTML serta mendukung juga bermacam jenis iklan contohnya afiliasi dan Adsense. 

Ad Inserter ini menyediakan versi berbayar, meskipun demikian Anda tidak perlu khawatir sebab ada juga versi gratis yang bisa Anda gunakan dengan hasil yang cukup maksimal untuk memajang iklan seperti Adsense. Pada versi gratis ini, Anda hanya bisa memasang sampai 16 slot kode saja. 

Anda bisa menentukan sendiri posisinya, baik sesudah konten maupun sebelum konten, atau juga menempatkannya di “blok” sekian persen pada konten Anda. Ada pula pilihan untuk menunjukkan iklan hanya di postingan atau halaman tertentu saja. Masih banyak fitur lainnya yang bisa Anda gunakan jika memakai plugin ini untuk memasang iklan. 

  1. WP-Insert 

Plugin yang satu ini adalah plugin untuk memajang iklan yang bisa Anda atur iklannya dan bisa melakukan optimasi layaknya Google Adsense. Tidak hanya itu saja, plugin ini juga mempunyai fungsi untuk memasang iklan, namun bisa juga untuk mengelola code tracking seperti Google Analytics. 

Plugin WP-Insert mendukung banyak sekali jaringan iklan, contohnya Chitika, Adbrite, Adsense dan lainnya. Anda bisa memakai 20 widget untuk memasang iklan. Masing-masing widget nya bisa Anda atur untuk dijadwalkan. Selain itu, Anda juga bisa menentukan iklan di bagian bawah, atas, kanan, kiri atau samping dari konten. 

WP-Insert ini didukung dengan algoritma yang bisa bisa menentukan iklan Anda pada bagian tengah konten. Terdapat banyak fungsi menarik lainnya seperti fasilitas A/B testing untuk mengetahui penempatan iklan dengan performa terbaik.

 

Itulah tiga plugin yang bisa Anda gunakan untuk memasang iklan di WordPress. Pengaturannya sudah terjamin sesuai dengan kebutuhan Anda dan juga mudah untuk digunakan. Setiap plugin yang telah di ulas mempunyai keunggulannya masing-masing. Anda bisa memakai Ad Inserter jika ingin menempatkan iklan di posisi yang spesifik, contohnya di artikel atau posisi tertentu. 

Lalu, Anda bisa menggunakan AdRotate jika membutuhkan pengaturan untuk menunjukkan iklan di waktu tertentu. Yang terakhir yaitu WP-Insert, Anda bisa menggunakan plugin ini untuk pengaturan tentang penempatan iklan pada performa yang terbaik. 

Semoga ulasan di atas dapat membantu Anda untuk memasang iklan di WordPress. Selamat mencoba!

Sharing is caring!