Inilah Modal yang Diperlukan untuk Menjadi Vlogger

vlogger

Di era yang semuanya sudah serba canggih dan kemajuan teknologi yang begitu pesat, membuat bidang baru bermunculan yang bisa dijadikan sebagai ladang uang yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Salah satunya yakni menjadi seorang vlogger.

Perkembangan teknologi dan digital yang berhasil menguasai dunia memang membuat pengaruh sangat amat besar. Apabila di awal kemunculannya, profesi sebagai seorang vlogger disebut tidak cukup untuk diandalkan, saat ini justru terjadi kebalikannya, bahkan seseorang bisa memperoleh keuntungan yang sangat besar jika melakukannya dengan serius.

Akan tetapi, untuk menjadi seorang vlogger ternama seperti Raditya Dika atau Atta Halilintar kamu memerlukan kreatifitas yang tinggi serta tekad kerja keras. Tidak hanya itu, kamu harus rela mengeluarkan dana untuk menyiapkan beberapa keperluan alat untuk vlog yang kamu akan buat.

Tidak hanya isi kontennya saja yang bagus, namun kualitas dari video pun harus bagus supaya penonton semakin tertarik untuk menyaksikannya. Apa jadinya jika video yang kamu miliki hasilnya jelek dan ngeblur serta audionya tidak begitu jelas?. Tentu akan membuat penonton kecewa. Jangan mau menontonnya sampai selesai, yang ada mereka skip video yang kamu punya.

Maka dari itu, jika kamu ingin mencoba peruntungan sebagai seorang vlogger, lakukanlah dengan serius dan modalnya pun lumayan besar. Lalu, apa saja yang akan dibutuhkan jika seseorang ingin berprofesi sebagai vlogger?  Simak Penjelasannya dibawah ini.

1. Kamera

Peralatan yang wajib kamu punya untuk mendukung profesimu sebagai vlogger iyalah kamera. Disini kamu dapat mencari kamera sesuai keperluanmu dan pasti menyesuaikan budget yang kamu miliki. Seperti, kamu akan membuat sebuah video tutorial dan tidak membutuhkan banyak gerakan, berarti kamu bisa menggunakan kamera mirrorless atau DSLR.

Tapi, apabila video yang kamu buat, membutuhkan banyak gerakan seperti mendokumentasikan kegiatan, disarankan untuk menggunakan kamera seperti Action Cam atau GoPro yang bisa menyesuaikan kebutuhan kamu. Karena kamera tersebut mempunyai bentuk yang kecil dan praktis, namun dapat menghasilkan kualitas video yang tinggi.

Tidak perlu untuk memaksakan batasan kemampuanmu untuk membeli sebuah kamera yang mahal. Untuk pemula, kamu dapat memilih kamera yang harganya dibawah 10 juta, dan kamera-kamera tersebut sangat mudah didapatkan dan beredar di banyak toko. Seiring berjalannya waktu, jika sudah menghasilkan, kamu bisa membeli kamera yang lebih mahal.

2. Tongsis atau Tripod

Agar bisa menjaga supaya video vlog kamu tetap bagus, biasanya seorang vlogger membutuhkan yang namanya tripod, gorillapod atau tongsis. Apalagi saat ini pilihan tripod semakin banyak macamnya serta dengan desain yang unik dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Contohnya, bila kamu memakai kamera DSLR, disarankan untuk menggunakan tripod dengan kaki yang kuat.

Sementara untuk kamera yang aktif dan digunakan untuk merekam keseharian, kamu dapat memakai GorillaPod dengan memiliki kaki yang fleksibel. Selain itu juga kamu bisa menggunakan tongsis. Saat ini sudah sangat banyak toko yang menawarkan tripod yang harganya dibawah satu jutaan. Kamu dapat memilih nya sesuai dengan budget yang kamu punya.

3. Microphone

Alat ini memiliki peran penting dan wajib dimiliki oleh seorang vlogger agar bisa menghasilkan audio yang bagus dan jelas. Walaupun sudah tersedia mic bawaan pada kamera, disarankan untuk tetap mempunyai mic eksternal.

Tersedia beberapa macam mikrofon yang sering dipakai oleh para vlogger contoh seperti shotgun microphone sebab kinerjanya mic ini bisa menangkap semua suara dengan sangat jernih. Jenis lain seperti lavalier microphone, jenis mic ni akan sangat cocok bagi kamu yang akan selalu bergerak sebab micnya akan dijepit pada bagian baju sehingga kamu bisa lebih bebas.

4. Lighting

Kamu tentunya sudah mengetahui bahwa dalam merekam sebuah video, aspek lain seperti pencahayaan merupakan hal yang sangat penting. Tanpa adanya cahaya, kamera dengan kualitas nomor 1 sekalipun tidak akan mampu menangkap sebuah gambar dengan bagus dan optimal.

Visit Senyumku

Sebetulnya terdapat dua tipe dalam hal pencahayaan, yakni dengan bantuan sinar matahari dan membuat cahaya buatan, dan lighting tersebut sangat mampu untuk membantu kamu ketika sedang merekam video walaupun cuaca saat itu sedang tidak cerah atau merekam video saat malam hari.

Harga lighting yang ada dipasaran cukup variatif, biasa lighting yang standar digunakan para vlogger mulai dari 500 ribuan. Meski terdengar cukup mahal, namun peran lighting sangat vital dan bisa menentukan kualitas video vlog yang akan kamu buat.

5. Laptop

Jika semua peralatan sudah kamu miliki, selanjutnya adalah laptop. Kamu tidak perlu membeli laptop yang mahal, cukup beli laptop yang harga dibawah 5 jutaan saja. Karena sudah banyak laptop dengan harga segitu memiliki kualitas yang bagus dan mampu untuk mengedit video yang sudah kamu buat, karena yang dibutuhkan adalah RAM-nya.

Tidak perlu beli yang bagus untuk diawal, kamu bisa mengoptimalkan alat yang sederhana semaksimal mungkin. Jika perjalan vlog kamu berkembang, pelan-pelan kamu beli perangkat yang lebih mahal karena nantinya kamu juga membutuhkan bobot RAM, memori yang lebih besar.

Sharing is caring!