Kelebihan dan Kekurangan Blogspot untuk Blogging

Untuk para Blogger tentunya sudah tahu soal apa itu Blogspot. Dimana Blogspot ini adalah salah satu platform yang dimiliki Google, dan sudah banyak dipakai oleh orang-orang untuk membuat blog pribadi. Sebetulnya terdapat alternatif lainnya yang sering digunakan yaitu wordpress, namun di kesempatan ini kita akan membahas tentang blogspot.

Sebagai sebuah platform yang dibawah naungan Google, membuat tidak sedikit para blogger terkenal mau memilih platform tersebut sebagai wadah untuk membuat blog mereka. Namun apakah ada mengetahui bahwa blogpot ini ternyata mempunyai kelebihan serta kekurangan terkait penggunaannya.

Banyak juga artikel atau dari sumber lain mengatakan bila wordpress lebih baik dibanding blogspot, namun banyak juga yang malah beranggapan sebaliknya. Hal ini wajar karena setiap jenis platform mempunyai kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Lantas, apa sih keuntungan serta kekurangan blogspot tersebut? Untuk info lebih lengkapnya silahkan simak artikel ini sampai habis.

Kelebihan Blogspot

  1.       Mudah Terintegrasi

Blogspot sebagai sebuah platform yang dimiliki perusahaan Google, dengan begitu blogspot sangat mudah terintegrasi terhadap layanan yang juga milik Google lainnya. Hal tersebut memuat blog milik Anda menjadi lebih mudah untuk berkembang karena ditopang dengan berbagai fitur dan layanan pendukung.

  1.       Mudah Digunakan

Tidak sedikit diluar sana, dimana mereka merupakan blogger pemula dan menggunakan blogspot. Alasannya karena sangat mudah untuk digunakan serta lebih praktis ketika pengoperasiannya daripada wordpress. Lewat kemudahan tersebut membuat blogger-blogger baru hanya membutuhkan waktu beberapa saat saja mereka sudah dapat memiliki blog pribadi sendiri.

  1.       Google Adsense

Kebanyakan orang-orang membuat sebuah blog ini supaya dapat memperoleh pendapatan tambahan. Dimana blogspot tersebut mempunyai kelebihan bila Anda didaftarkan sebagai publisher untuk Google Adsense bila kita bandingkan dengan wordpress yang versi gratis.

  1.       Lebih SEO

Skema SEO merupakan salah satu persyaratan yang wajib dipenuhi untuk dapat tampil pada halaman utama di mesin penelusuran Google. Sebab blogspot tersebut milik dari Google itu sendiri, maka konten artikel Anda bakal lebih ramah SEO, serta blog milik Anda lebih memiliki peluang untuk mendatangkan banyak pengunjung atau pengguna.

  1.       Lebih Aman

Tidak sedikit orang-orang yang mengatakan bahwa wordpress jauh lebih aman dibandingkan blogspot. Namun banyak pula yang beranggapan bahwa blogspot tersebut merupakan platform yang dimiliki oleh pihak Google, maka tidak akan mungkin dikelola dengan asal-asalan atau tidak ada aturan, itu berarti blogspot bisa dikatakan lebih aman dari berbagai platform lain termasuk wordpress sekalipun. Sebetulnya poin satu ini hingga sekarang masih dalam perdebatan hangat, namun keputusan final atau atau sebuah anggap pribadi tetap ada pada diri Anda sendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Blogspot untuk Blogging

Kekurangan Blogspot

Setelah mengetahui beberapa kelebihan yang dimiliki blogspot, tentu yang namanya platform apapun itu pasti ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tidak terkecuali blogspot itu sendiri. Nah, untuk mengetahui kekurangan dari blogspot, simak pembahasannya berikut ini.

  1.       Aturan yang Ketat

Merupakan platform yang dimiliki pihak Google, tentu blogspot mempunyai aturan yang cukup ketat bagi semua para pengguna. Bila peraturan yang ada dilanggar, maka akan ada resiko berupa peringkat blog yang selama ini Anda buat dan pelihara bisa langsung turun khususnya dari mesin penelusuran Google, dan hal terburuk bisa sampai blog milik Anda dapat langsung hilang atau dihapus secara permanen.

  1.       Tampilan Terbatas

Memiliki tampilan yang terbatas dan juga sederhana mempengaruhi blog yang Anda buat terlihat kurang menarik dibandingkan bila Anda memakai wordpress. Tak banyak hal yang dapat Anda terapkan disini, sebab semuanya yang ada di blogspot tersebut sangat terbatas khususnya dari sisi tampilannya. Hal ini cukup banyak menjadi pertimbangan para blogger. Akan tetapi balik lagi, semua sesuai kebutuhan masing-masing orang.

  1.       Harus Paham Bahasa Pemrograman

Terdapat beberapa keterbatasan pada blogspot yang dapat diakali lewat mengedit bagian kode HTML. Agar dapat mengedit bagian ini Anda pun harus mempunyai wawasan atau ilmu terkait bahasa pemrograman yang mana tidak semua blogger bisa melakukannya. Akan tetapi, bila Anda memang menguasai bahasa pemrograman, maka hal tersebut bukan masalah yang berarti. Disini kita hanya membicarakan orang awam atau blogger pemula yang tidak mengenali bahasa pemrograman yang dimaksud.

  1.       Tools Kurang

Di dalam blogspot ini, tools yang akan Anda pakai dalam penulisan konten artikelnya tidak begitu lengkap. Lain halnya dengan yang ada pada wordpress, dimana tools di dalamnya jauh lebih lengkap dan bervariasi dalam penulisan artikelnya. Jadi untuk blogspot sendiri, keterbatasan akan tools menjadi kekurangan yang sering disorot.

Demikianlah kelebihan serta kekurangan yang ada pada blogspot untuk blogging. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menjadi acuan bagi Anda ketika akan membuat situs apakah cocok menggunakan platform seperti blogspot atau malah lebih cocok menggunakan wordpress. Itu semua sesuai selera dan kebutuhan Anda sendiri.

Sharing is caring!