Mana yang Lebih Menguntungkan? Blog atau YouTube?

Blog merupakan platform berbentuk tulisan yang sudah populer sejak dahulu. Sedangkan YouTube menjadi sebuah platform yang sekarang sedang booming hampir di seluruh belahan dunia. Konten yang disediakan berbentuk video. Masing-masing platform ini mempunyai keunggulannya tersendiri dan sama-sama dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Blog atau YouTube? Manakah yang lebih menguntungkan? Artikel ini akan menjawab pertanyaan Anda. Mari simak ulasannya berikut ini. 

Keunggulan Menggunakan Blog 

Anda mungkin sudah tahu jika blog sudah terlebih dahulu populer daripada YouTube. Untuk memperoleh penghasilan dari blog ini, maka Anda wajib mendaftar program Adsense atau lebih tepatnya menjual sebuah produk. 

  1. Meningkatkan kemampuan menulis 

Pada umumnya konten blog ini cocok sekali digunakan untuk Anda yang memiliki hobi menulis. Anda dapat menyalurkan bakat menulis di blog ini. Tidak perlu membayar biaya untuk mengunggah hasil dari tulisan Anda. Di blog ini bahkan Anda bisa mendapatkan uang. 

Selain itu, Anda juga dapat memulai untuk bisnis dari blog ini. Cukup Anda daftarkan akun blogspot, lali mulailah mengunggah tulisan yang sesuai dengan gaya Anda. 

  1. Dapatkan uang dari iklan

Keunggulan lainnya jika Anda menggunakan blog yaitu bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah. Cara nya sama saja dengan majalah atau koran. Anda hanya perlu menyediakan kolom iklan atau tempat untuk orang yang ingin iklan di blog Anda. 

Namun, blog memiliki patokan yaitu pengunjung blog atau traffic. Semakin tinggi trafficnya maka akan semakin mahal juga tarifnya. Untuk itu, Anda harus membuat konten artikel yang menarik, mengikuti tren dan bermanfaat supaya pengunjung betah dan selalu tertarik untuk mengunjungi blog Anda. 

1. Memperluas produk bisnis 

Apabila Anda mempunyai usaha offline, cobalah untuk mulai mengembangkan usaha Anda dengan menggunakan blog ini. Dengan memanfaatkannya, bisa jadi produk Anda lebih dikenal oleh masyarakat luas bahkan hingga ke luar negeri. 

2. Membangun relasi 

Membangunrelasi dengan masyarakat secara langsung bukan perkara yang mudah untuk dilakukan. Anda harus mencari mereka kesana-kemari untuk bisa bertemu mereka. Apalagi bila Anda merupakan tipe pekerja yang memiliki kesibukan ekstra. Tetapi, dengan adanya blog ini hal tersebut bisa teratasi dengan mudah. 

Anda tetap dapat membangun relasi dengan menggunakan media internet yang berupa tulisan-tulisan Anda. Bila konten yang Anda tulis menarik, otomatis akan banyak pengunjung yang berdatangan untuk membaca tulisan Anda. Sehingga, relasi Anda menjadi lebih banyak. 

3. Menjadi sumber penghasilan 

Blog dan YouTube menjadi platform yang sama-sama bisa menghasilkan uang. Bila YouTube dapat menghasilkan uang dengan menjadi YouTubers, di blog ini Anda bisa mendapat uang dengan menjadi content writer, web developer, blogger, dan juga yang lainnya. 

Pada media blog ini Anda juga dapat memasang iklan, tak kalah dengan YouTube. Untuk bisa memasang iklan di blog, Anda bisa menggunakan AdWords yang merupakan alat untuk mengiklankan blog supaya dapat menjangkau lebih banyak lagi pembaca. 

Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat mendaftarkan blog ke Adsense sama halnya dengan YouTube supaya dapat menghasilkan uang tanpa harus menjual produk fisik. Anda hanya memerlukan tulisan atau artikel yang menarik supaya bisa menarik minat pembaca. Semakin banyak yang membaca, maka semakin besar pendapatan Anda. 

Keunggulan Menggunakan YouTube 

Selanjutnya yaitu YouTube yang menjadi platform media sosial untuk melihat video, mendownload dan mengunggah video. Di beberapa tahun belakangan ini YouTube digemari oleh masyarakat untuk dapat menghasilkan uang. 

1. Pengelolaan yang mudah 

Pengelolaan YouTube lebih mudah daripada blog karena Anda tidak perlu memilih template, mengelola server hosting, HTML, CSS, optimasi SEO dan lainnya. Di YouTube ini Anda hanya perlu pintar dalam mengedit video saja. 

2. Memperkuat branding 

Keunggulan selanjutnya yaitu dapat memperkuat branding untuk sebuah produk, bisnis, institusi, lembaga maupun organisasi. Canggih bukan? Sekarang sudah banyak video keren dan unik di YouTube yang diminati oleh masyarakat. Bahkan saat ini YouTube lebih menarik dibandingkan dengan TV. Hal tersebut tentu saja menjadi peluang.

3. Platform untuk memasarkan produk

Saat ini banyak sekali influencer yang membagikan hasil review mereka di kanal YouTube nya. Bahkan hampir seluruh produk dunia memanfaatkan platform ini untuk meningkatkan minat dari para pelanggan. 

4. Sumber penghasilan 

Tidak hanya untuk memasarkan produk sendiri, di YouTube juga dapat menghasilkan uang dari Adsense. Ini merupakan salah satu program milik Google untuk menjadikan video Anda dapat menghasilkan uang bila ditonton, sebab terdapat penayangan iklan. 

5. Pengelolaan iklan yang lebih baik 

Iklan yang ada di YouTube lebih seragam dan menarik dibandingkan dengan blog. Sehingga, para pengunjung tidak bingung lagi ketika mendapatkan informasi dari iklan. Hasilnya, mereka akan lebih nyaman untuk menonton video iklan. 

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui keunggulan dari blog dan YouTube. Dari ulasan ini Anda dapat menentukan sendiri mana yang lebih menguntungkan untuk Anda. Selamat mencoba! 

Sharing is caring!