Manfaat Menulis di Blog

Blog merupakan bagian dari website yang berisi konten konten berupa artikel, foto, dan video yang dikelola oleh beberapa penulis atau blogger. Menulis blog sendiri memiliki banyak manfaat.

Manfaat Menulis di Blog

Menambah Penghasilan

Blog dapat kamu manfaatkan sebagai penambah penghasilan dengan cara rajin dan konsisten dalam menulis artikel. Menulis blog juga bisa kamu lakukan dimana dan kapan saja. Dengan fleksibel nya waktu yang digunakan untuk menulis blog maka pekerjaan kamu tidak akan terganggu dan penghasilan pokok kamu tidak akan berkurang. Selain dengan menulis artikel di blog, kamu juga dapat memanfaatkan blog sebagai penambah penghasilan dengan jualan online melalui blog, membuka jasa pembuatan website, mengikuti lomba blog, dan lain sebagainya. 

Menyalurkan hobi melalui tulisan

Tidak sedikit orang yang memiliki hobi menulis tetapi belum ahli dalam kegiatan menulis. Untuk itu menulis di blog adalah solusi yang dapat kamu lakukan. Kemampuan menulis akan terus terlatih ketika kamu sering menulis. Semakin sering kamu menulis maka akan semakin bagus tulisan yang kamu hasilkan. Tulisan di blog ini dapat berupa artikel artikel singkat yang kamu sukai, misalnya mengenai kegiatan sehari hari yang kamu rasakan yang sekiranya dirasakan juga oleh orang lain. Dengan menulis hal hal tersebut maka akan banyak menarik pembaca yang sekiranya merasakan hal yang sama.

Kemudian semakin banyak tulisan yang kita buat maka tulisan tulisan tersebut semakin memiliki sudut pandang yang lebih kuat. Dengan memiliki sudut pandang yang kuat maka kamu akan semakin terkenal di kalangan penulis dan akan menambah personal branding kamu. 

Mendapatkan Banyak Ilmu dan Berbagi pengetahuan

Dengan seringnya menulis di blog, ,mau tidak mau pasti kamu akan membaca referensi terlebih dahulu. Dari banyak sumber bacaan yang kamu baca pasti akan menambah ilmu pengetahuan yang kamu punya. Kemudian pengetahuan yang kamu punya tersebut akan kamu tuangkan kembali dalam sebuah tulisan yang kamu buat. Tulisan tersebut akan kamu unggah pada sebuah blog yang akan dibaca oleh orang orang yang sekiranya membutuhkan ilmu yang ada dalam tulisan kamu. 

Dengan tulisan tersebut maka kamu telah memberikan manfaat bagi orang lain. Manfaat yang didapatkan oleh orang yang membaca tulisan tersebut juga akan memberikan manfaat bagi kamu berupa amal jariyah yang akan terus mengalir. Untuk itu tulislah  hal hal positif yang bermanfaat untuk banyak orang.

Sebagai jurnal pribadi

Menulis di blog juga bisa dimanfaatkan sebagai  jurnal pribadi kamu. Di sini kamu bisa menuangkan pengalaman pribadi yang tidak dapat diceritakan secara langsung. Dengan menulis jurnal harian pada blog, kamu akan bisa membacanya kapanpun bahkan sampai anak cucu. Pemikiran dan tulisan yang kamu tuangkan beberapa tahun silam akan mengingatkanmu mengenai kejadian kejadian yang sekiranya sudah kamu lupakan. 

Dengan membaca ulang tulisan terdahulumu juga kamu akan menjadi tahu perubahan sudut pandang dan opini yang pernah kamu tuangkan hingga saat ini. Dengan menuangkan pengalaman pribadi kamu juga akan berdampak positif bagi orang orang yang sedang mengalami hal yang sama, dan pada blog tersebut akan menjadi tempat untuk berdiskusi.

Membangun Jaringan

Dengan seringnya menulis di blog maka kamu akan lebih sering juga untuk berkenalan dengan orang orang baru yang sekiranya akan memberikan dampak positif dalam kehidupan kamu. Orang orang yang akan kamu temui adala sesama blogger dan pembaca. Dengan mengenal orang orang tersebut akan menjadikan kamu lebih mudah untuk berkomunikasi dan mendiskusikan hal hal tertentu. Dengan sesame blogger kamu dapat saling mensupport dan berbagi ilmu mengenai blog. Dan dengan pembaca kamu akan banyak mendapatkan masukan masukan yang akan menjadikan tulisan mu lebih semakin baik untuk kedepannya. 

Dengan banyaknya jaringan yang kamu punya juga akan memberikan manfaat jika kamu membangun sebuah bisnis. Bisnis yang kamu punya telah memiliki portofolio yang akan menambah kepercayaan calon klien terhadap bisnis yang kamu punya. Dengan blog juga bisnis yang kamu buat akan semakin luas jangkauannya untuk pelanggan yang memiliki jarak yang cukup jauh karena dapat dilakukan secara online.

Meningkatkan Produktivitas dan Kreativitas

Meningkatkan produktivitas dan kreativitas dapat kamu lakukan juga dengan menulis di Blog. Menulis di hari libur dan waktu senggang akan menjadikan kamu lebih produktif. Kemudian kreativitas kamu akan semakin terlatih ketika sedang menulis Blog. Kamu akan berfikir bagaimana cara menulis yang bagus dan menarik minat pembaca. 

Selain itu juga dengan menulis blog kamu akan terhindar dari stress jika tiba tiba terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Seperti misalnya kemarin waktu pandemi covid 19, semua orang terhambat dalam pekerjaanya bahkan banyak yang terkena PHk. Antisipasi pertama  yang kamu dapat lakukan jika terjadi sesuatu seperti ini adalah dengan menulis blog, karena dapat dilakukan dimana dan kapan saja.

Sharing is caring!