Melihat Beberapa Tools yang Digunakan oleh Blogger

umpnuac.com – Blogging merupakan salah satu strategi terbaik yang bisa dilakukan untuk meningkatkan bisnis online yang kamu miliki. Bukan hanya sebagai sarana untuk mempromosikan informasi produk atau jasa yang kamu miliki, tetapi kamu juga bisa membuat konten berkualitas pada blog yang bisa membantu mu untuk menaikkan traffic pada website.  

Pastinya kamu perlu menggunakan tools yang bagus untuk bisa meningkatkan kualitas dari blog mu sehingga mempunyai performa yang baik. Mulai dari tools untuk membuat blog, mengatur, memposting dan mempromosikan blog yang kamu miliki. Nah, tentunya kamu perlu informasi tentang tools yang bisa meningkatkan kualitas blog yang tepat untuk mu bukan? Untuk itu, simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Berikut 7 Tools yang Wajib Dicoba 

1. WordPress 

Tentunya kamu harus memiliki wadah untuk membuat dan juga mempublikasikan konten mu. Jangan khawatir karena kamu bisa menggunakan WordPress. Kamu akan mendapatkan keuntungan jika menggunakan tools ini, seperti penggunaan yang mudah, sederhana, ada banyak pilihan template atau tema yang bisa kamu gunakan, banyak fitur-fitur menarik, dan juga bisa dapatkan support forum yang bersedia membantu kamu. 

Kamu bisa gunakan tools ini secara gratis maupun berbayar, kelebihan dari tools yang berbayar tentunya kamu akan mendapatkan banyak tools menarik yang bisa digunakan. Untuk menggunakan tools berbayar ini kamu bisa bertransaksi melalui PayPal.

2. Google Keyword Planner 

Saat ini sudah banyak sekali pebisnis yang menggunakan WordPress. Tetapi sebaiknya kamu harus melakukan riset terlebih dahulu untuk kata kunci supaya bisa tepat sasaran ke target yang diinginkan. Pastikan gunakan kata kunci yang banyak dicari oleh target kamu. 

Oleh karena itu, kamu bisa gunakan Google Keyword Planner yang bisa membantu kamu untuk mendapatkan suggest kata kunci yang relevan di mesin pencari. 

Baca Juga : Berikut Beberapa Faktor agar Blog Diminati untuk Content Placement

3. BuzzSumo 

Setelah kamu menemukan kata kunci yang cocok, maka pada tahap selanjutnya yang harus kamu lakukan yaitu memilih topik atau judul yang cocok dengan kata kunci yang sudah kamu pilih. Salah satu strategi yang ampuh untuk memilih topik yang bagus yaitu dengan melihat contoh blog lain dengan kata kunci yang sama. Untuk itu, kamu bisa mengandalkan BuzzSumo dalam hal tersebut. 

tools untuk blogger

Buzzsumo akan menyediakan informasi tentang blog apa saja yang mempunyai ranking terbaik dan mendapatkan banyak share. Kamu hanya perlu memasukkan kata kunci yang telah dipilih sebelumnya dan Buzzsumo secara langsung akan memberikan kamu list blog yang relevan. 

Selain itu, kamu juga bisa mencari konten dari website lain yang banyak dibagikan oleh pengunjung. Pencarian ini akan bisa membantu kamu untuk membuat konten yang sama dengan kualitas yang berbeda sehingga bisa mendapatkan banyak pembaca. 

4. Plug-in Yoast SEO 

Salah satu strategi yang banyak digunakan untuk mendapatkan traffic blog yang tinggi yaitu dengan melakukan optimalisasi SEO. Karena kamu bisa mendapatkan traffic organik melalui orang-orang yang menggunakan mesin pencarian, seperti Google ataupun Yahoo dan memasukan kata kunci tertentu. 

Untuk itu, kamu harus bisa memastikan jika website mu memiliki traffic yang baik sehingga bisa muncul di halaman pertama pada hasil pencarian. Saat ini ada banyak sekali cara untuk bisa melakukan pengoptimalan pada konten blog, salah satu caranya yaitu dengan penggunaan plug-in Yoast SEO di WordPress merupakan cara tepat yang bisa kamu lakukan. 

Karena Yoast SEO dibuat untuk dapat membantu kamu dalam memaksimalkan faktor-faktor yang bisa berdampak pada traffic. 

5. Canva 

Kamu tidak bisa mengisi blog mu hanya dengan tulisan saja, hal tersebut tentunya sangat membosankan. Cara untuk membuat blog mu menarik yaitu dengan menggunakan Canva untuk membuat konten grafis yang cocok untuk teks pada blog mu. 

Tidak hanya itu saja, canva juga menyediakan banyak sekali template yang bisa kamu gunakan. Jika kamu ingin menggunakan template nya dengan leluasa, maka kamu bisa menggunakan canva yang berbayar. Tidak perlu bingung lagi karena saat ini kamu bisa bertransaksi menggunakan PayPal. 

6. Readability Test Tool 

Jika kamu yakin dengan hasil tulisan yang telah kamu buat, maka kamu bisa gunakan Readability test tool yang akan membantumu untuk memastikan bahwa blog mu akan mudah untuk dibaca. Ada banyak indikator yang harus kamu penuhi sebagai bukti bahwa blogmu mudah untuk dibaca. 

7. Trello 

Selanjutnya ada tools yang cocok digunakan untuk perusahaan dan marketer yang akan bekerjasama dengan banyak pihak dalam pembuatan blog. Pada umumnya, Trello merupakan project management tool yang bisa membantu kamu untuk meningkatkan workflow pembuatan blog. 

Dengan menggunakan tools ini, kamu bisa membuat, mengatur deadline, menghapus atau memindahkan box tugas yang sudah diselesaikan, dan mengupload filenya. Tools ini juga sangat mudah digunakan daripada tools yang lainnya. 


Sharing is caring!