Mengenal Profesi Food Blogger

Pernah merasa “ngiler” saat melihat seseorang mencicipi hidangan yang lezat? Lidah seseorang seolah ikut merasakan kenikmatan yang dirasakan oleh orang lain saat melihat konten seorang Food Blogger. Sajian konten yang menggugah selera seolah menjadi sebuah hal dasar atas sebuah profesi masa kini sebagai seorang Food Blogger.

Mengenal Istilah “Food Blogger”

Secara mudah, Food Blogger adalah istilah yang mengacu pada setiap orang yang membuat konten makanan pada sebuah laman Blog. Konten yang disajikan bisa beragam mulai dari ulasan dari sensasi rasa pada suatu makanan, penjelasan resep, hingga proses meracik makanan. Sementara itu, proses pembuatan konten yang dilakukan oleh seorang food blogger disebut food blogging.

Jangan Salah Sangka, Ternyata Food Blogger & Foodies Berbeda

Bagi Sebagian orang, banyak yang masih mengira bahwa setiap orang yang memberikan kesan terhadap suatu makanan lalu mengunggahnya maka bisa disebut sebagai Food Blogger. Pada kenyataanya ternyata terdapat perbedaan antara food blogger dengan foodies. Seseorang yang senang mengunggah konten ulasan makanan tidak dapat dikatakan sebagai seorang food blogger ketika dia tidak memiliki blog. Bahkan seseorang yang memiliki blog namun tidak aktif juga tidak dapat dikatakan sebagai food blogger.

Meraih “Cuan” dari Profesi Food Blogger

Sebelum mencoba menyelami profesi Food Blogger, ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui terlebih dahulu. Secara kasat mata, profesi sebagai seorang food blogger memang terlihat mudah. Namun pada kenyataanya, profesi ini membutuhkan ketelitian agar bisa berhasil dalam setiap langkahnya. Berikut ini adalah Langkah Langkah awal yang bisa kamu ikuti untuk menjadi seorang Food Blogger.

1. Menemukan Konsep yang Unik

Melihat banyaknya pesaing dalam dunia profesi Food Blogger, ada baiknya kamu memulai untuk menemukan konsep terlebih dahulu sebelum memulai. Tentukan konsep yang berbeda dari yang lainnya agar kamu lebih mudah diingat oleh audien. Selain itu, konsep yang unik juga akan memberikan kesan yang melekat pada audien kamu.

2. Tentukan Domain dan hosting yang sesuai.

Menentukan nama domain yang pas juga memberikan dampak yang sesuai dengan kemajuan profesi sebagai seorang food blogger. Proses penentuan ini akan mempengaruhi bagaimana kamu akan diingat oleh para pembaca secara luas. 

Proses pemilihan hosting juga perlu dipertimbangkan dengan matang. Pasalnya penentuan hosting yang kamu pilih harus sesuai dengan kebutuhanmu. 

3. Persiapan Alat

Persiapan alat ini bisa kamu sesuaikan dengan jenis konten media yang akan kamu eksekusi nantinya. Sebagai contoh, kamu bisa saja membutuhkan alat/tools yang bisa memudahkan kamu untuk mengatur jadwal mengunggah konten dan produksi konten kamu. Selanjutnya kamu juga akan membutuhkan berbagai alat produksi lain jika kamu ingin menambah elemen visual pada blog yang kamu kembangkan.

4. Membuat akun Google AdSense

Memiliki sebuah akun Google AdSense menjadi sebuah syarat utama untuk kamu mendapatkan keuntungan dari Internet. Dengan koneksi ini kamu akan lebih cepat dan mudah untuk meraih “cuan” melalui profesi Food Blogger.

5. Mulai Proses Lebih Dini

Sebagai sebuah profesi yang tidak instan, menjadi seorang Food Blogger membutuhkan sebuah proses untuk menghasilkan uang. Ada baiknya kamu memulai semua Langkah lebih awal. Hal ini dilakukan agar kamu lebih cepat untuk berkembang melalui berbagai evaluasi yang ada pada setiap perjalanan karirmu.

6. Konsisten

Konsistensi selalu menjadi sebuah kunci utama dalam setiap hal. Jangan pernah patah semangat untuk selalu memperjuangkan profesi yang sedang kamu geluti. Tidak dapat dipungkiri, pasti selalu ada kesulitan dan kendala yang akan kamu alami ketika memulai sebuah usaha, namun selalu ingat kata pepatah, “Usaha Tidak Akan Menghianati Hasil”. 

Food Blogger Sukses Indonesia

1. AnakJajan

Sajian konten yang menggugah selera yang dihadirkan pasangan suami Istri asal Indonesia pada Blog AnakJajan terbukti sukses mengikat banyak penggemar. Marius Tjenderasa & Julia Veronica dibalik beragam menyajikan ulasan dengan kalimat yang ringan membuat betah para pembaca pada blog mereka. Tampilan visual yang bikin ngiler.

2. Heytheresia

Dengan unggahan iseng tentang ulasan makanan yang dilakukan Tere pada akun Instagramnya, kini ia aktif menggeluti profesi sebagai Food Blogger. Selain membagikan ulasan makanan melalui blog, Tere juga aktif membagikan resep resep dari racikan makanan.

3. Food Escape

Kolaborasi sempurna dari seorang penulis, Daisy dengan seorang fotografer Kato memberikan hasil yang menarik. Pengolahan kata yang unik ditambah dengan visual yang menarik membuat blog Food Escape menjadi salah satu blog yang top di Indonesia. Beragam ulasan yang menarik sangat nikmat untuk diterima oleh para pembaca.

Bagaimana? Setelah berbagai penjelasan diatas, apakah kamu tertarik dan sudah siap untuk menjadi seorang Food Blogger? Jika sudah, saatnya kamu untuk segera memulai agar bisa berkembang dan menjadi Food Blogger top di Indonesia.

Sharing is caring!