Mengenal Tahapan Membuat Blog

Blog
Office desk with notebook computer and wording Blog.Top View table from above with copy space

Aktivitas blogging tidak pernah ada matinya, karena kegiatan ini selalu menjadi platform yang menarik untuk mengisi waktu luang yang bermanfaat. Apabila Anda konsen dan fokus untuk pengembangannya, maka akan mendapatkan banyak keuntungan. Hal ini tentunya memberikan banyak hal menarik untuk Anda coba. 

Apalagi proses untuk membuat blog itu tidak terlalu ribet dan tidak terlalu sulit untuk mendapatkan domainnya. Terutama era sekarang ini ada banyak sekali platform yang menawarkan sharing domain untuk kebutuhan blog tersebut. Untuk proses tahapan pembuatan blog secara menyeluruh, simak penjelasan lengkap berikut ini. 

Tahapan Pembuatan Blog

1. Menentukan Topik 

Untuk pemula hal ini menjadi paling penting untuk dipersiapkan secara menyeluruh, karena akan lebih memahami alur dan fokus blog yang akan digunakan nantinya. Apabila Anda tidak menentukan topiknya akan berpengaruh pada beberapa hal kedepannya. Tentunya ini menjadi fokus utama yang harus diperhatikan. 

Memilih topik untuk blog memang terlihat sepele dan mudah saja, tetapi untuk kebutuhan secara menyeluruh ini menjadi tahapan yang paling sulit. Kami menyarankan untuk memilih beberapa tema atau topik yang kalian minati. Karena kegiatan tersebut akan lebih membantu dan membuat Anda akan lebih semangat mengisi konten pada blog.

Selain itu juga, topi yang Anda pilih pastikan lebih menarik, unik, dan berbeda. Karena sebagai pembeda untuk dilakukan dan mudah proses pengembangannya. Hal ini menjadi penting menyajikan blog yang berkualitas dan bermanfaat untuk dimiliki secara langsung. Oleh karena itu, asal jangan topik saja, tetapi harus memahami kebutuhannya dan berkualitas. 

2. Memilih Platform 

Sekarang ini ada banyak penawaran platform untuk memenuhi kebutuhan blog yang Anda inginkan secara menyeluruh. Perkembangan zaman yang semakin canggih inilah membuat Anda akan mendapatkan banyak kemudahan dalam prosesnya yang layaknya Anda menulis dan membuat tulisan di microsoft word. 

Ada beberapa pilihan favorit dan populer untuk bisa menjadi referensi pemula jika ingin memulai proses pembuatan blog secara menyeluruh. Beberapa referensi tersebut ada blogspot, wordpress.org, dan wordpress.com. Semuanya memberikan banyak keuntungan yang menarik untuk didapatkan secara menyeluruh. 

Semuanya tergantung dari pilihan masing-masing, apabila untuk kebutuhan gratis Anda bisa mencoba menggunakan blogspot. Tetapi jika tidak masalah mengenai pembayaran dan sebagainya bisa memilih pada wordpress. Kembali lagi kebutuhan masing-masing untuk pembuatan blog tersebut secara menyeluruh. 

3. Penyedia Domain dan Hosting 

Sebagai pemula mungkin perlu memahami beberapa istilah yang diberikan secara menyeluruh, hal ini penting untuk difahami terlebih dahulu sebelum memulai semuanya. Domain sendiri khusus untuk alamat websitenya dan hosting untuk tempat file-file blog yang akan disimpan. Untuk itu, penting memahaminya secara menyeluruh. 

Dalam tahap ini untuk domain dan hosting sendiri memiliki biaya sewa yang harus dipahami secara menyeluruh. Dengan begitu Anda bisa menentukan proses pembayaran untuk satu tahun atau per bulan untuk kebutuhan sewa tersebut. Dalam tahap ini pastikan Anda memilih penyedia yang benar-benar terpercaya dan tepat untuk memenuhi kebutuhan tersebut. 

Pastikan Anda tidak sembarangan dalam memilih dan menentukannya, karena akan berpengaruh pada kualitas website yang akan didapatkan nantinya. Oleh karena itu, penting sekali memahami dan mencari beberapa kebutuhan untuk memenuhinya. Dalam tahap ini Anda harus bisa mencari penyedia yang tepat. 

4. Menentukan Nama Domain

Hal ini menjadi tindakan yang krusial yang harus dipahami dan ditentukan dengan jelas, jangan sampai Anda memilih nama yang sembarangan dan tidak begitu mudah dikenal. Pastikan Anda memilih nama yang mudah disebut dan diingat. Dengan begitu membuat nama blog Anda akan semakin mudah dilihat dan diingat oleh banyak orang. 

Hindari memilih beberapa nama yang sembarangan dan tidak ada maknanya, bahkan sangat sulit untuk menyebutkannya. Tidak terlalu ribet dan sulit dalam penulisannya, serta harus berbeda dan tidak sama dengan nama orang lain. Proses ini penting untuk Anda pahami dan mengerti secara langsung dan menyeluruh. 

5. Aktif Mengisi Konten 

Blog akan mudah diingat apabila Anda aktif mengisi konten dalam website tersebut, tentunya Anda harus benar-benar membangunnya dari nol untuk memenuhi berbagai kebutuhannya. Oleh karena itu penting sekali untuk Anda mencoba aktif dan miliki metode dasar menulis agar konten yang dihasilkan akan benar-benar berkualitas

Oleh karena itu, tahap awal memang terbilang sulit dan ribet untuk melakukannya. Karena Anda harus mengatur semuanya dari awal kembali. Hal ini menjadi perhitungan yang rumit, sehingga membuat Anda harus benar-benar memperhatikannya secara menyeluruh. Dengan demikian, pastikan Anda memahaminya dan aktif melakukannya. 

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai tahapan dalam membuat dan membangun blog untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Semoga informasi dan penjelasan diatas dapat memberikan berbagai manfaat yang tepat. Sehingga membuat Anda akan memiliki blog khusus yang diatur secara mandiri.

Sharing is caring!