Pengertian Guest Post Dalam Dunia Blogging Saat Ini, Yuk Disimak!

umpnuac.com – Pertumbuhan di dunia blogging diketahui semakin berkembang pesat seiring perkembangan zaman. Pembahasan yang ada di bidang tersebut juga semakin beragam dari waktu ke waktu. Mulai dari desain, games, properti, tips, bisnis, dan juga travel. Di dalam dunia blogging sendiri juga terdapat istilah guest post. Lalu apakah yang dimaksud dengan guest post tersebut? Mari simak ulasannya secara lebih lengkap mengenai hal tersebut berikut ini.

Pengertian dari Guest Post dalam Dunia Blogging

Jika diartikan dari kata pembentuknya, maka guest post dapat dimaknai dengan postingan tamu. Dari makna tersebut dapat tergambar bahwa postingan yang terdapat di sebuah website tertentu adalah postingan yang berasal dari pihak atau blogger lain. Dalam memposting sebuah artikel pada website biasanya akan terdapat ketentuan tersendiri yang harus Anda pahami sebelumnya.

guest post

Karena terdapat jenis website yang mengharuskan pembayaran bagi setiap postingan yang ada, namun juga terdapat yang gratis alias bebas biaya. Tidak hanya itu, tidak semua website menerima adanya guest post tersebut. Dari hal inilah Anda harus cermat melihat apakah website yang ada bersedia memposting artikel dari pihak lain atau tidak. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah bertanya dengan mengirimkan email pada website tersebut.

Tidak hanya itu, saat sebuah website diketahui menerima adanya guest post juga terdapat hal lain yang tidak boleh Anda lewatkan. Hal yang dimaksud disini adalah kriteria atau kategori postingan yang dikehendaki oleh pihak website. Dengan adanya guest post ini juga akan memberikan Anda peluang untuk memposting artikel ke website tersebut. Dari hal ini maka juga dapat berpengaruh pada traffic blog milik Anda sendiri.

Baca Juga : Theme WordPress Gratis Paling Rekomendasi Tahun 2020

Beragam Manfaat dari Adanya Guest Post

Setelah mengetahui mengenai pengertian dari guest post, hal lainnya yang layak untuk dipahami adalah manfaat dari guest post itu sendiri. Jika ditinjau dari beragam aspek yang ada di dalamnya, terdapat banyak sekali manfaat yang dapat Anda peroleh dengan menggunakan guest post tersebut. Mulai dari untuk mempromosikan sebuah brand pada bisnis yang dimiliki.

Dengan mempromosikan sebuah brand tentu akan berpengaruh pula pada omset bisnis yang ada. Tidak hanya itu, manfaat lainnya adalah dapat meningkatkan tingkat popularitas blog yang dibangun. Pengunjung blog yang Anda miliki juga dapat meningkat dengan adanya guest post tersebut. Manfaat ini sendiri adalah bagi mereka yang memposting artikel kepada pihak website yang menerima guest post.

Sementara bagi pemilik website, guest post juga dapat berguna untuk meningkatkan aspek yang dibahas di dalam website. Relasi bisnis pun juga akan terbangun dengan adanya guest post tersebut. Selain itu penghasilan dan popularitas dari website juga ikut meningkat dengan adanya guest post. Artikel terbaru pun akan diperoleh dengan memanfaatkan adanya guest post ini dari blogger lain.

Kriteria dari Artikel untuk Guest Post

Dari ulasan sebelumnya dapat diketahui bahwa peran dan manfaat dari guest post sangatlah beragam. Tidak hanya bagi pihak pemilik website, namun juga pihak yang membuat artikel untuk diposting di website yang ada. Namun tentu saja manfaat tersebut baru dapat diperoleh saat artikel yang ada telah memenuhi standar atau kriteria tertentu. Karena dengan kualitas postingan yang buruk tentu akan memberikan dampak yang negatif setelahnya.

pengertian guest post

Kriteria dari artikel untuk guest post sendiri sebaiknya adalah memiliki judul yang bermanfaat. Panjang karakter dari judul tersebut sebaiknya adalah 45 sampai dengan 55 karakter saja. Penggunaan kata kunci pada artikel yang diposting pun layak untuk diperhatikan. Selain itu jumlah kata pada sebuah artikel guest post juga layak untuk Anda cermati.

Sebagai pilihan, Anda bisa menyematkan video yang diambil dari YouTube untuk diposting bersama dengan artikel yang ada. Penambahan gambar pada artikel guest post pun dapat diperhatikan demi meningkatkan minat dari pengunjung website. Dari hal inilah sebuah artikel guest post dapat dikatakan tidak bisa dibuat secara asal asalan demi memperoleh manfaat dan juga dampak positif di baliknya.

Guest Post yang dibuat oleh Guest Blogger

Guest post sendiri adalah postingan yang dibuat oleh pihak yang disebut dengan guest blogger. Banyak manfaat yang dapat Anda peroleh dengan menjadi seorang guest blogger. Selain dapat mengasah keahlian menulis yang dimiliki, dengan konten dan kualitas artikel yang ditulis juga dapat menjadi nilai lebih tersendiri bagi Anda. Guest post pun akan sangat berpengaruh pada personal brand yang Anda miliki sebagai seorang guest blogger.

Di dalam dunia blogging terdapat beragam istilah yang memiliki makna tersendiri di dalamnya, seperti guest post dan juga guest blogger. Guest post sendiri dapat memberikan banyak keuntungan untuk kedua belah pihak yang ada. Bagi guest blogger, mereka akan memperoleh backlink yang bermanfaat untuk menunjang blog yang Anda miliki. Sementara bagi pihak website, mereka akan memperoleh artikel untuk diposting ke dalam website yang ada.

 

Sharing is caring!