Rekomendasi Daftar Produk Pinjaman Syariah

Pinjaman Syariah

Dana pinjaman online berbasis syariah adalah P2P yakni (peer to peer) yang mempertemukan pihak pemilik dan si peminjam. Semua ini dilakukan lewat sebuah platform online dalam bentuk website ataupun aplikasi. Lain halnya dengan P2P yang konvensional, pinjaman dana syariah online mengubah sistem bunga dengan sejumlah dana sesuai dengan akad di dalam aturan yang ada pada kaidah syariah.

Sang pemilik dana pinjaman atau seorang investor tersebut memperoleh keuntungan dalam bentuk bagi hasil memakai sistem kerjasama atau kemitraan. Selain menghapus sistem bunga, para nasabah yang melakukan pinjaman ini akan terbatas transaksinya mengalokasikan dana yang tidak keluar dari norma syariat Islam.

Maka, dana pinjaman yang diperoleh tidak dapat kamu gunakan untuk membeli minuman keras, produk beralkohol atau semua hal yang tidak halal. Meski kehadirannya tidak sebanyak pinjaman online basis konvensional, pinjaman syariah online ini hingga saat ini sudah semakin bertambah tiap tahunnya dan sudah terdaftar dan dibawah naungan dari OJK langsung.

Dibawah ini terdapat beberapa produk pinjaman syariah online yang bagus dan rekomended. Simak ulasannya dibawah ini.

1. Ammana

Platform ini merupakan penyedia pinjaman online berbasis syariah yang dipilih khusus ke para pelaku usaha unit UMKM lewat program pembiayaan bersama tau disebut crowdfunding. Sedikit berbeda dari pinjaman online lain, pengguna Ammana sendiri harus sudah terdaftar sebagai bagian dari mitra keuangan pembiayaan syariah mikro, yakni BMT atau KSPPS.

Pinjol satu ini menerapkan konsep non-direct funding, yakni para pelaku usaha yang sebagai peminjam disini memberi hasil dari usahanya ke BMT dalam hal bagi hasil, lalu BMT akan menyetorkan jumlah bagi hasil ke pihak Ammana, kemudian pihak Ammana segera mengembalikan semu modal usaha serta bagi hasil ke pemodal.

2. Dana Syariah

 Platform pinjam online syariah berikutnya adalah Dana Syariah yang berfokus terhadap pendanaan modal usaha dalam bentuk properti. Jenis pembiayaan yang ditawarkan berupaan pembiayaan prasarana, pendanaan unit yang terjual, dan pembiayaan jual beli sebuah rumah.

Ajuan pinjaman dana dilakukan dengan membuat sebuah proposal tentang penggalangan dana dengan metode template yang telah tersedia. Selanjutnya, pihak dari Dana Syariah segera melakukan survei tempat. Apabila proposal yang diajukan diterima dan disetujui, peminjam serta pihak Dana Syariah akan menyusun perjanjian awal.

Proses penggalangan dana akan berjalan selama maksimal 30 hari lewat platform Dana Syariah. Apabila nominal dana sudah terpenuhi maka segera dilakukan peresmian MOU bagi hasil untuk pemegang proyek serta pihak Dana Syariah itu sendiri.

3. Duha Syariah

Platform pinjol satu ini juga memberi layanan pendanaan untuk kebutuhan barang, jasa serta kegiatan produktif lainnya yang masih masuk dalam prinsip syariah. Disini terdapat dua jenis pendanaan syariah yang dapat kamu pilih, yakni pendanaan konsumtif dengan maksimal sebesar 20 juta, lalu perjalanan religi nominalnya sebesar 30 juta. Aturan pinjaman menggunakan sistem angsuran dengan masa tenor sampai 24 bulan.

Pengajuan pembiayaan dari pihak Duha Syariah bisa kamu lakukan lewat aplikasi yang tersedia yakni Duha Syariah, kamu hanya perlu mendaftarkan nomor ponsel. Disamping itu, pembelian barang atau jasa bisa kamu lakukan lewat layanan marketplace yang sudah bekerjasama oleh Duha Syariah. Yakni Duniahalal.com

4. Qazwa

Platform seperti Qazwa turut menghadirkan layanan pendanaan dengan sistem kredit modal kerja yang akan melibatkan skema rantai pemasukan bisnis debitur yang artinya ajuan pinjaman dilakukan dengan memberi informasi mengenai data pemasok ke Qazwa, dan nantinya pihak Qazwa segera menyediakan produk kebutuhan yang ada serta langsung membayar semua tagihan kepada pemasok.

Apabila kamu sebagai pemasok produk yang akan mengajukan pendanaan, kamu dapat ajukan pinjaman dana dengan menyertakan daftar si pembeli tetap atau sebuah distributor. Kemudian, pihak Qazwa langsung memproses ajuan pinjaman tersebut sesuai dengan transaksi antara mereka dengan distributor yang sudah diberikan.

Sistem dari Qazwa sendiri memakai akad Mudharabah, serta margin yang sebelumnya sudah disepakati bersama.

5. Ethis

Pinjaman online syariah yang terakhir adalah Ethis, pinjol ini sama dengan Dana Syariah, pihak ethis menawarkan pendanaan khusus untuk proyek properti, contoh seperti proyek infrastruktur atau perumahan.

Pinjaman bisa diajukan oleh seseorang yang sebagai pemilik perusahaan atau kontraktor dari property tersebut dengan hanya menyetorkan data diri, serta surat izin perusahaan serta proyek yang akan diajukan.

Pendanaannya menggunakan sistem crowdfunding yang pengumpulan dana nya akan dilakukan paling lama 45 hari serta proses seleksi sebuah proyek tertentu mulai dari 2 sampai 4 minggu kedepan. Pendanaan ini mengharus peminjam untuk menyetor jaminan dalam bentuk aset sesuai jumlah pendanaan yang telah diajukan.

Apabila debitur mengalami keterlambatan dalam pelunasan dana pinjaman, aset yang merupakan jaminan akan dilelang untuk menutupi utang yang tidak terbayar. Jika nilai jual jaminan tersebut melebihi jumlah utang, sisa dari penjualan aset tersebut akan dikembalikan ke kantong debitur.

Sharing is caring!