Tips Cepat Dapat Kerja bagi Fresh Graduate

Setelah lulus kuliah, selanjutnya yang menjadi fokus dalam hidup pastilah bagaimana cara mendapatkan pekerjaan. Bila Anda ingin segera mendapatkan pekerjaan, ada beberapa hal yang dapat Anda terapkan. Seiring dengan berkembangnya teknologi seperti saat ini, untuk mencari peluang pekerjaan pun akan semakin gampang. Anda dapat langsung mengirimkan lamaran pekerjaan sekaligus melalui internet. 

Selain menggunakan cara tersebut, usaha yang Anda lakukan sangat berperan penting agar memperoleh pekerjaan yang diinginkan. Belum lagi, sulitnya mendapatkan pekerjaan dikarenakan banyaknya pesaing lainnya di luar sana.

Perluas koneksi

Cara untuk mencari kerja yang pertama, yaitu dapat memanfaatkan waktu Anda sebagai mahasiswa mendapatkan kenalan baru. Hal tersebut tentu akan sangat menguntungkan supaya Anda dapat mempunyai pekerjaan dengan mudah dan cepat. 

semisalnya, Anda dapat menjalin pertemanan dengan kakak tingkat serta mahasiswa dari kampus lain. ketika mereka memperoleh pekerjaan yang menjanjikan, bisa saja Anda diajak dan ikut bekerja ditempat tersebut atau setidaknya, Anda mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan dengan lebih cepat. 

Sehingga, Anda dapat mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Terlebih bila kakak tingkat serta teman Anda menempati posisi yang berpengaruh di dalam perusahaan, kemungkinan mereka dapat membantu Anda dengan merekomendasikan ke pihak perusahaan. Jadi, selalu jagalah hubungan pertemanan Anda.

Meningkatkan skill

Selain dengan memperluas relasi, Anda juga dapat mengembangkan skill yang menjadi agar mendapatkan nilai tambah ketika Anda akan melamar pekerjaan. Paling tidak Anda memiliki kemampuan atau keahlian dasar, seperti berbicara di hadapan banyak orang, dapat bekerja sama,  berbahasa, hingga manajemen waktu.

Selain skill dasar, Anda dapat mengembangkan skill lain sebagai tambahan sesuai jurusan, seperti misalnya menulis apabila Anda ingin melamar sebagai content writer atau jurnalis. keahlian ini dapat menjadi nilai lebih bagi HRD dan User. 

Registrasi diri ke portal pencarian kerja sebanyak mungkin

Dengan kemajuan teknologi saat ini dan hadirnya internet, kemudian smartphone sangatlah memudahkan hidup manusia. Tentunya hal tersebut dirasakan oleh banyak orang yang sedang mencari pekerjaan. Anda tidak perlu datang dari satu kantor ke kantor yang lain untuk memberikan surat lamaran.

Ditambah, banyaknya pesaing yang juga mencari kerja diuntungkan dengan bermunculannya portal-portal untuk mencari kerja. Anda juga dapat memanfaatkan kehadiran situs-situs tersebut dengan mendaftarkan diri di portal tersebut.

Terus apply job yang tersedia

Supaya Anda cepat mendapatkan pekerjaan, mengirimkan kepada satu perusahaan saja tidaklah cukup. Anda mengirimkannya ke banyak tempat supaya cepat mendapat pekerjaan segera terwujud. Karena selama ini, banyak pencari kerja yang hanya mengirimkan satu lamaran dan merasa jika hal tersebut sudah cukup. Kalau Anda memiliki pikiran demikian,  dari sekarang sebaiknya rubahlah. Berpikirlah dengan lebih realistis, bila kenyataan hanya berharap pada satu lamaran pekerjaan saja dapat membuat Anda kecewa.

Ikut job fair di kampus

Keberadaan event seperti job fair akan turut membantu Anda sebagai job seeker supaya  mendapatkan pekerjaan. Banyak yang beranggapan bila mengikuti job fair merupakan cara tercepat agar segera mendapatkan pekerjaan impian. Tetapi, sebaiknya Anda juga mengikuti job fair yang biasanya diselenggarakan oleh pihak kampus.

Karena kebanyakan perusahaan yang mengikuti event job fair Universitas memang mencari banyak fresh graduate. Untuk mendapatkan informasi seputar event tersebut, Anda diharuskan untuk aktif mencari atau bertanya kepada pihak kampus.

Buat CV yang up to date dan jelas

Tanpa Anda sadari sebagai seorang pencari kerja, terutama fresh graduate, biasanya tidak lolos dalam seleksi administrasi. Karena CV yang Anda berikan selain tidak up to date, informasi yang Anda berikan tidak jelas.

Untuk membuat CV terkini, Anda tidak perlu lagi merasa khawatir. Karena sekarang sudah banyak aplikasi pembuat lamaran kerja yang beragam di internet. Tidak sedikit juga yang memang diberikan secara cuma-cuma. Berikut ini adalah hal wajib yang sebaiknya Anda tulis dalam curriculum vitae.

  • Data pribadi, seperti nama lengkap, alamat tempat tinggal, email, sampai nomor ponsel yang masih aktif agar dapat dihubungi. 
  • Jelaskanlah mengenai diri Anda secara singkat, menarik dan padat.
  • Pendidikan terakhir.
  • Pelatihan yang pernah Anda ikuti.
  • Pengalaman kerja, contohnya sebagai freelance atau bekerja sosial apabila Anda merupakan seorang fresh graduate.
  • Keahlian yang dimiliki, misalnya dalam bidang komputer atau penulis.
  • Prestasi yang pernah dicapai.
  • Pengalaman dalam berorganisasi, baik di dalam kampus maupun lingkungan.

Berikut beberapa hal penting yang wajib Anda perhatikan ketika membuat CV :

  • Usahakan menggunakan template yang sederhana saja, tidak perlu dengan desain yang berlebihan dan membuat recruiter bingung ketika membacanya.
  • Pastikan Anda menggunakan huruf yang standar, seperti arial. Jangan menggunakan huruf latin atau yang aneh-aneh.
  • Ukuran dari huruf yang gunakan juga harus jelas. Jangan terlalu kecil ataupun besar.
  • Gunakanlah warna-warna pastel, agar tidak mencolok mata.

Lalu, pastikan juga bahwa CV Anda buat sebanyak 2 lembar saja. Hal ini akan memudahkan pihak recruiter dalam melakukan screening surat lamaran kerja milik Anda. Karena bila terlalu bertele-tele, kemungkinan pihak HRD tidak akan membacanya.

Sharing is caring!