Tips Memilih Topik Blog yang Hits di Tahun 2022

Sekarang blogging menjadi sebuah cara terbaik untuk berbagi informasi atau tips mengenai ide atau hobi yang kamu miliki, atau bahkan kamu bisa memperoleh penghasilan lebih dari blogging. Tetapi, membuat blog profesional atau pribadi tidak semudah yang kamu pikirkan, lho. 

Kamu harus mencari judul dan topik yang menarik, mendapatkan domain yang tepat serta menjalaninya dengan konsisten. Terkadang, membuat tema blog yang menarik pun dapat menjadi hal yang sangat sulit. Namun, tidak perlu cemas, pada pembahasan kali ini, kami telah menyiapkan cara memilih topik blog yang hits di tahun ini. 

Ikuti Cara Berikut untuk Memilih Topik Blog Populer 

Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memilih topik blog hits di tahun 2022. 

1. Pilih topik yang menggairahkan 

Ada ciri-ciri blog sukses seperti di update secara rutin sampai beberapa kali dalam seminggu. Lalu, supaya sukses, konten blog kamu perlu dibuat tetap “fresh” sehingga kamu harus konsisten membuat tulisan. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih topi yang menjadi gairah dan minat mu. 

Ketertarikan pada sebuah topik bisa menjadikan kamu tidak mudah jenuh dengan rutinitas dalam mengelola blog. Selain itu, para pembaca juga jadi lebih mudah tertarik untuk membaca tulisan kamu. 

2. Pilih topik yang bisa didiskusikan 

Blog yang sukses membutuhkan percakapan antar dua arah yaitu kamu sebagai blogger dan para pembaca blog atau audiens. Ketika pembaca meninggalkan komentar pada blog mu atau mengirimimu email untuk melakukan diskusi sebuah postingan, kamu wajib reseptif dan responsif terhadap mereka. 

Selain itu, keberhasilan jangka panjang blog tentunya bergantung pada hubungan antar pembaca dan blogger. Oleh karena itu, kamu harus bisa membuat audiens merasa terhubung atau dekat dengan kamu. 

3. Pilih topik yang dapat diperdebatkan 

Blogsphere terdiri atas orang-orang dari seluruh kalangan masyarakat dengan beragam pendapat. Seiring dengan melonjaknya popularitas blog, maka semakin banyak juga orang yang bisa menemukan dan membaca blog tersebut. 

Beberapa orang tersebut mungkin kurang setuju dengan semua tulisan yang kamu buat. Namun, hal itu sangatlah wajar terjadi, sehingga kamu tidak perlu khawatir. Blogger sukses akan menikmati berdebat dan berdiskusi asal masih dibarengi dengan sikap saling menghargai pendapat yang berbeda. 

4. Pilih topik yang menurutmu tidak terlalu sensitif

Seiring dengan berkembangnya blog dan tumbuhnya para pembaca, mungkin membuat beberapa orang tidak hanya kurang setuju namun bahkan dapat menyerang kamu secara individu. Oleh karena itu, kamu harus mempunyai kelapangan dada dan keberanian dalam menghadapi kemungkinan ketidaksetujuan atau serangan yang ekstrim. 

5. Pilih topik yang kamu menikmati melakukan riset 

Tentu saja blogosphere selalu berubah dan ada aspek yang sangat unik dari blog seperti kemampuannya dalam menyediakan konten aktual dan segar mengenai berbagai topik. Supaya blog menjadi sukses, maka kamu harus menikmati melakukan riset dan membaca sebuah topik yang sudah dipilih supaya isi blog selalu relevan dan aktual. 

Daftar Topik Blog yang Menarik 

Kamu harus mendapatkan topik blog yang menarik agar para pengunjung tertarik mengunjungi blog milik kamu. Berikut ini ada daftar topik blog menarik yang bisa kamu gunakan. 

1. Otomotif 

Untuk kamu yang hobi dengan industri otomotif, topik ini dapat kamu pilih untuk ditulis dalam blog. Blogging mengenai mobil atau motor juga sangat populer di kalangan komunitas dan penggemarnya. Hal yang biasa dibahas pada topik otomotif seperti modifikasi custom, ulasan mobil atau motor dan berita terbaru tentang otomotif. 

2. Ulasan atau review produk 

Konten ulasan atau review dapat menjadi tema blog yang sangat menarik. Tidak sedikit orang yang ingin mencari opini mengenai sebuah produk sebelum mereka membelinya. Oleh karena itu, konten tentang review kerap kali memiliki banyak peminat, terlebih lagi produk yang sedang tren. 

3. Artikel tutorial 

Jika kamu sangat berpengalaman di salah satu bidang, kamu bisa mencoba menulis artikel tutorial yang bisa menarik para pembaca. Saat ini, banyak orang yang mencari jawaban dari sebuah permasalahan mereka di internet. 

Orang-orang akan membuka Google saat ada pertanyaan pada benaknya. Dengan demikian, ide ini dapat menjadi topik blog yang sangat menarik. Kamu bisa berbagi kemampuan dan pengetahuan mu, atau bahkan berhasil menghasilkan uang dari blog. 

4. Resep masakan 

Kamu senang memasak? Manfaatkan potensi ini untuk mulai menulis blog mengenai resep makanan. Resep masakan dapat menjadi topik yang banyak dicari masyarakat. Tuliskan resep milikmu sendiri supaya pembaca memperoleh informasi baru yang tidak ditemukan di blog lain. 

5. Konsultasi atau saran 

Tidak hanya menulis panduan dan ulasan, memberikan saran pun dapat menjadi topik yang kamu tulis di blog. Dengan demikian, kamu dapat membantu audiens yang ingin menentukan pilihan. Biasanya blog bertemakan saran ini membahas persoalan kehidupan. Namun, kamu juga dapat membahas hal lainnya. 

Terlepas dari ulasan di atas, ada banyak tips dan topik blog lain yang bisa kamu coba terapkan pada blog mu. Cukup pikirkan hal-hal yang sedang trend di tahun ini dan jadikan sebagai ulasan di blog dengan menarik. Selamat mencoba! 

Sharing is caring!