Tips Menyelenggarakan Pernikahan Secara Sederhana

Menikah pasti menjadi idaman bagi semua orang. Terlebih lagi bagi yang sudah mempunyai pasangan. Akan tetapi banyak sekali yang harus dipersiapkan untuk melaksanakan pernikahan tersebut. Salah satu yang menjadi penghambat untuk melangsungkan pernikahan adalah dari segi biaya. Biaya yang diperlukan untuk melangsungkan pernikahan tidaklah sedikit apalagi bila yang diinginkan adalah pernikahan yang cukup mewah dan megah. Ditambah lagi dengan adanya pandemi covid 19 sekarang ini, sangat repot untuk menyelenggarakan resepsi pernikahan karena perizinan dan juga jumlah tamu yang sangat dibatasi.

Bukan tidak mungkin untuk menyelenggarakan pernikahan apabila dana yang dimiliki tidaklah besar. Pernikahan yang sederhana bisa menjadi pilihan yang tepat untuk tetap melangsungkan pernikahan dengan dana yang terbatas. Dengan memangkas pos-pos yang menyedot biaya yang besar tentu saja akan mengurangi pengeluaranmu dalam menyelenggarakan pernikahan secara sederhana. Banyak yang bisa disiasati untuk menghemat pengeluaran dalam merencanakan biaya pernikahan. Apa saja kira-kira yang bisa kita lakukan untuk menghemat biaya pengeluaran dalam menyelenggarakan pernikahan? Yuk kita simak beberapa tips jitu yang bisa kalian coba.

Tips Menyelenggarakan Pernikahan Secara Sederhana

  • Tanpa resepsi

Pada dasarnya biaya pengeluaran terbesar dari pernikahan adalah pada resepsi pernikahan saja. apabila budget yang dimiliki sangat minim, kita bisa hanya melakukan ijab Kabul yang disambung dengan pesta kecil bersama keluarga inti saja. hal tersebut bisa memangkas banyak sekali biaya yang harus dikeluarkan bila tanpa menggelar resepsi.

  • Memilih tempat yang tepat

Apabila tetap memutuskan untuk menggelar resepsi, untuk menghemat dana kita tidak harus menggunakan gedung yang megah dan mewah untuk resepsi pernikahan. Kita bisa menggelar resepsi pernikahan di rumah untuk memangkas biaya sewa gedung. Apabila tidak memungkinkan menggelar resepsi pernikahan di rumah kita bisa mencoba menyewa aula ataupun ruang serbaguna yang ada di lingkungan tempat tinggal kita. Itu pasti jauh lebih murah dibandingkan harus menyewa gedung ataupun hotel hanya untuk menggelar resepsi pernikahan. 

  • Tidak perlu prewedding

Prewedding adalah salah satu penyedot biaya terbesar berikutnya. Jasa foto dan juga make-up artist serta biaya transportasi menuju tempat sesuai konsep sudah cukup memakan biaya.  Mencoret list prewedding akan jauh memangkas biaya yang harus dikeluarkan. Apabila memang tetap menginginkan foto prewedding bisa diakali dengan meminta bantuan teman atau saudara yang mempunyai keahlian foto yang baik sehingga cukup mengurangi biaya. Carilah konsep yang tidak memakan banyak biaya bila tetap menginginkan adanya foto prewedding ketika menikah.

  • Tanpa wedding organizer

Untuk mengurangi biaya yang harus keluar sebisa mungkin kita untuk tidak menggunakan event organizer. Karena resepsi yang akan kita gelar hanya sederhana, maksimalkan peran panitia untuk memangkas biaya lebih yang harus dikeluarkan. Kita juga bisa meminta bantuan teman atau saudara untuk jasa foto ataupun make up yang bisa jauh mengurangi budget yang harus dikeluarkan dibandingkan bila harus menyewa jasa foto maupun make up professional. Apabila harus menggunakan jasa event organizer, pastikan mendapatkan jasa event organizer terbaik dengan harga terbaik.

  • Batasi jumlah tamu undangan

Untuk mengurangi budget yang ada, batasi jumlah tamu yang diundang pada acara pernikahan yang akan kita selenggarakan. Selain untuk menghemat biaya, di kondisi pandemi covid 19 seperti ini ada batasan maksimal keramaian yang sudah menjadi aturan baku. Dengan batasan maksimal keramaian 50 orang, pilih dengan baik tamu yang akan diundang. Memilih keluarga dan juga kerabat terdekat saja yang diundang adalah pilihan yang tepat dan lebih menghemat biaya.

  • Memasak sendiri

Dengan jumlah tamu undangan yang terbatas, memasak sendiri akan jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan jasa catering. Kita bisa menyewa jasa tukang masaknya saja atau memanfaatkan tetangga, saudara, ataupun teman yang mempunyai kemampuan masak yang baik untuk membantu dalam menyiapkan makanan sehingga lebih hemat biaya. Dengan jumlah tamu undangan yang dibatasi, kita bisa lebih nyaman merencanakan menu dan juga list belanja yang akan kita persiapkan. 

Bila harus menggunakan jasa catering, pilihlah paketan yang menu dan harga paling sesuai dengan budget yang ada.

  • Souvenir murah

Pilihlah souvenir murah untuk kenang-kenangan yang diberikan kepada para tamu undangan. Membeli di tempat grosir akan jauh lebih murah dibandingkan bila kita membeli secara ecer. Banyak pilihan souvenir murah yang bisa kita beli bila membeli di grosiran. Kita bisa juga menggunakan bibit tanaman sebagai souvenir sebagai salah satu dukungan kita untuk bumi yang lebih sehat. 

Itulah beberapa tips yang bisa dicoba untuk menyelenggarakan pernikahan yang sederhana. Budget yang minim jangan jadi penghalang untuk melangsungkan pernikahan. Rencanakan pernikahanmu dengan baik agar memberikan momen yang terbaik dan terindah yang bisa dikenang sepanjang masa.  

Sharing is caring!