Tips Mudah untuk Bisa Konsisten Ngeblog

Walaupun popularitasnya telah menurun dan dianggap ketinggalan jaman, ngeblog tetap menjadi salah satu satu wadah buat mereka yang ingin berbagi informasi dan berjejaring di dunia maya. Kalau kamu hobi menulis mungkin kamu bisa mencoba untuk menyalurkan hobi kamu dalam sebuah blog. Selain berbagi pengalaman kamu, ngeblog juga membantu melatih skill menulis kamu menjadi semakin baik.

Definisi Blog, Blogger, Blogging

Web Log atau disingkat blog adalah sebuah jurnal catatan berbentuk artikel, video atau gambar yang ditulis oleh seorang penulis atau beberapa penulis sekaligus. Pertama kali dipopulerkan oleh google, hingga tahun 2020 menurut survey internet terdapat kurang lebih 600 juta blog aktif di seluruh dunia.

Blogger adalah seseorang yang membuat dan mengelola blog, dengan tujuan memberikan informasi, pandangan, dan perspektifnya terhadap suatu topik tertentu untuk tujuan pribadi maupun untuk bisnis.

Sementara itu Blogging atau ngeblog adalah aktivitas blogger mengelola blognya, seperti menulis artikel, memposting video atau gambar dan berinteraksi dengan menjawab komen pengunjung blog yang masuk pada kolom komentar. 

Kuncinya Konsisten

Kalau kamu ingin menjadi seorang blogger yang sukses, kuncinya kamu harus tetap konsisten. Karena dibutuhkan waktu untuk blog kamu berkembang dan mendapat pengunjung. Masalahnya banyak dari blogger yang kehilangan semangat ngeblog setelah beberapa waktu karena melihat tidak ada pengunjung ataupun interaksi dari orang yang berkunjung ke blognya.

Apapun tujuan kamu ngeblog, entah untuk bersenang-senang ataupun mencari cuan, kamu harus tetap konsisten ngeblog jika ingin sukses, meskipun belum ada pengunjung atau interaksi di blog kamu, walaupun kamu bosan dan jenuh ditengah jalan, teruslah konsisten untuk ngeblog dan memperbaharui blog kamu.

 Ada beberapa tips mudah yang bisa kamu gunakan biar gak bosan dan tetap semangat  dalam ngeblog, yuk disimak siapa tau bisa tips ini bisa membantu kamu tetap konsisten ngeblog.

1. Motivasi Diri

Tips pertama untuk kamu bisa konsisten ngeblog adalah kamu harus meyakinkan diri kamu kalau kamu bisa menulis blog yang bagus. Awali tujuan kamu menulis dengan niat baik, berbagi informasi yang bermanfaat, ketika kita berbagi hal yang baik otomatis akan membuat kita bersemangat untuk terus menulis dan membagikan lebih banyak lagi hal lainnya.

Memang tak mudah untuk membuat blog bagus, ada banyak tahap yang mesti kamu lewati, tapi jangan putus asa, nikmati prosesnya untuk tetap terus berbagi lewat tulisan kamu. Bayangkan apa yang ingin kamu capai lewat blog kamu kedepannya, ketika kamu tahu jelas tujuan kamu menulis, itu akan menjadi motivasi kamu ngeblog dan penyemangat untuk mencapai tujuan yang kamu tetapkan.

2. Cari Lebih Banyak Ide

Salah satu hal yang membuat seorang blogger tidak konsisten dalam menulis adalah rasa bosan atau jenuh, biasanya rasa bosan datang karena kamu tidak mempunyai hal  baru yang bisa kamu tulis dan bagikan, atau kamu menjadi jenuh karena terus-menerus menulis seputar topik yang sama.

Untuk mengatasi hal ini, kamu perlu memperkaya diri kamu dengan lebih banyak ide untuk menulis, ide bisa datang dari mana saja. Ketika sebuah hal terlintas di kepala kamu atau kamu melihat sesuatu hal yang menarik untuk kamu. Segera catat jangan sampai terlewat, siapa tau itu bisa berkembang menjadi ide untuk bahan ngeblog kamu. Bawa catatan kecil kemanapun kamu pergi atau di zaman serba canggih  sekarang ini kamu bisa menggunakan fitur notes pada smartphone kamu.

Jangan menutup diri kamu dengan satu hal saja, selalu buka diri kamu untuk merasakan hal-hal baru , melihat dan mencoba hal baru. Dengan begitu, niscaya kamu tidak akan pernah kekurangan ide untuk blog kamu. 

3. Ikut Komunitas 

Cara berikut yang bisa kamu coba agar bisa konsisten dalam ngeblog adalah dengan berjejaring dan bersosialisasi dengan sesama blogger. Bergabunglah dengan komunitas blogger. Kamu bisa bergabung dengan komunitas blogger di area sekitar kamu atau pun secara daring di forum para blogger.

Dengan kamu bergabung di sebuah komunitas blogger,  kamu bisa lebih berkembang, Kamu bisa memperkaya ilmu blogging kamu dengan belajar hal-hal baru seputar ngeblog, bahkan kamu juga  bisa  belajar dari para blogger senior yang berpengalaman yang ada dalam komunitas blogger kamu..  Selain itu juga kamu akan menambah jaringan pertemanan kamu.

Kamu juga bisa menambah ide-ide kamu dengan bertukar pikiran dengan sesama anggota komunitas, dan salah satu hal positif lainnya adalah, di komunitas, kamu  bisa saling memotivasi dan menyemangati antar  sesama anggota lainnya. Jadinya konsistensi kamu dalam ngeblog tetap terjaga dan tidak kalah oleh rasa bosan dan jenuh.

Demikianlah beberapa tips mudah yang bisa kamu gunakan untuk bisa konsisten ngeblog, semoga tips ini bisa membantu kamu lebih bersemangat lagi ya ngeblog, jadi sudah siap untuk ngeblog? 

 

Sharing is caring!